Sekda Saefullah juga dikenal sosok peduli pergerakan ekonomi kecil

Sekda Saefullah juga dikenal sosok peduli pergerakan ekonomi kecil

Dokumentasi - Wakil Gubernur Sandiaga Uno (tengah) dan Sekda DKI Jakarta Saefullah memanjatkan doa usai acara serah terima jabatan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10/2017). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/aa.

Jakarta (ANTARA) - Almarhum Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Saefullah yang wafat di usia 56 tahun juga dikenang sebagai seseorang yang memiliki kepedulian terhadap pergerakan ekonomi kecil, kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

"Beliau memiliki kepedulian yang luar biasa terhadap pergerakan ekonomi Jakarta terutama ekonomi di akar rumput," kata Sandiaga dalam pesan suaranya yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menurut Sandi, sosok Saefullah memiliki keberpihakan kepada penciptaan lapangan kerja, mendukung kegiatan-kegiatan yang membangkitkan ekonomi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Sandi juga mengingat komitmen almarhum Saefullah untuk menghadirkan harga pangan yang stabil serta biaya kesehatan dan pendidikan yang terjangkau warga warga DKI Jakarta sebagaimana diusulkan oleh dirinya bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca juga: Sekda DKI Saefullah juga dinilai sebagai sosok amanah

"Waktu saya dan pak gubernur menyampaikan keinginan kita agar harga-harga bahan pokok, biaya hidup bagi warga Jakarta harus stabil dalam kondisi terjangkau, beliau yang juga memiliki komitmen yang sama melalui peran 3 BUMD (food station, PD Pasar Jaya dan Darma Jaya), kami berhasil pada saat itu mampu untuk menekan harga bahan pokok, menekan biaya hidup, biaya kesehatan dan biaya pendidikan," kata Sandi.

Sehingga, lanjut Sandi, "Dengan program Pemrov DKI Jakarta, pak Sekda mampu meringankan beban hidup masyarakat, ini juga salah satu prestasi pak Sekda yang perlu kita apresiasi," ujarnya menambahkan.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah tutup usia pada Rabu ini pukul 12.55 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Sebelumnya Saefullah menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan sejak 8 September 2020 hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (13/9) dini hari.

Baca juga: Wagub DKI sebut Sekda Saefullah motor penggerak Pemprov DKI Jakarta

Jenazah almarhum sebelum dikebumikan sempat dilewatkan ke Balai Kota Jakarta untuk diberikan penghormatan terakhir.

Saefullah telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta sejak 17 Juli 2014. Sebelumnya, Saefullah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat pada tahun 2008-2014.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020