Sekda DKI Saefullah juga dinilai sebagai sosok amanah

Sekda DKI Saefullah juga dinilai sebagai sosok amanah

Dokumentasi - Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menyerahkan piala juara umum kepada Sekda Provinsi DKI Jakarta Saefullah (kedua kiri) disaksikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) pada penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (12/10/2018). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/aww/aa.

Jakarta (ANTARA) - Tokoh masyarakat Jakarta Utara Sabri Saiman menyatakan almarhum Sekertaris Daerah DKI Jakarta Saefullah merupakan sosok amanah saat menjadi menjadi pejabat publik.

"Saya sangat hormat dengan almarhum, rahasia masalah manajemen pemerintahan tidak pernah diceritakan kepada siapa pun," kata Sabri dihubungi di Jakarta, Rabu.

Saefullah merupakan sekretaris daerah untuk tiga periode pemerintahan gubernur DKI dari sejak Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Anies Baswedan.

Sabri mengatakan dalam setiap pertemuan dirinya dan Saefullah, tidak pernah ada kata-kata mengeluh saat diamanahkan menjadi motor penggerak pemerintahan di DKI.

"Pertemuan terakhir dengan almarhum, saat kegiatan di Sunter bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," kenang Ketua PMI Jakarta Utara itu.

Sosok lain dari Saefullah yakni tidak pernah memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan diri sendiri, keluarga dan kelompok. Saefullah sosok sederhana, dikenal di semua lapisan masyarakat.

"Almarhum tidak pernah mengucapkan kata-kata kasar yang menyinggung perasaan orang lain," ujar Sabri.

Selain itu, sebagai salah satu tokoh Betawi, Saefulllah juga tidak pernah terlibat konflik dengan kelompok tertentu. Bahkan almarhum dikenal sebagai orang yang mampu mendekatkan semua pihak untuk kepentingan masyarakat DKI Jakarta.

Diketahui, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah tutup usia pada Rabu ini pukul 12.55 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Sebelumnya Saefullah menjalani perawatan di Rumah Sakit MMC, Jakarta Selatan sejak 8 September 2020 hingga akhirnya dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Minggu (13/9) dini hari.

Baca juga: Wagub DKI sebut Sekda Saefullah motor penggerak Pemprov DKI Jakarta
Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan dukacita untuk Sekda DKI Jakarta Saefullah
Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020