Jakarta (ANTARA) - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu pagi bergerak menguat jelang pengumuman hasil rapat bank sentral AS The Federal Reserve.

IHSG dibuka menguat 7,26 poin atau 0,14 persen ke posisi 5.108,13. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 2 poin atau 0,25 persen menjadi 792,74.

"IHSG hari ini diperkirakan bergerak terbatas dimana para investor mencermati apakah PSBB yang dilakukan sekarang berhasil menekan jumlah penyebaran virus COVID-19. Para pelaku pasar juga menanti hasil rapat FOMC dan Bank of England yang akan berlangsung tengah minggu ini," tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam laporan yang dikutip Antara di Jakarta, Rabu.

Bursa saham AS pada perdagangan semalam bergerak dengan kecenderungan positif. Kenaikan ditopang oleh beberapa faktor.


Baca juga: IHSG ditutup melambung hingga 2,89 persen pada hari pertama PSBB

Baca juga: IHSG Selasa dibuka menguat 7,42 poin


Yang pertama adalah Astra Zeneca kembali melanjutkan uji coba vaksinnya setelah sebelumnya dihentikan sementara akibat adanya efek samping kepada relawan yang mendapat uji coba vaksin. Serta Pfizer mengatakan akan memberikan data utama hasil uji coba vaksin ke regulator selambat-lambatnya bulan Oktober 2020.

Sentimen positif juga datang dari data ekonomi. Indeks New York Empire State manufacture tercatat di level 17 naik dari 3,7 pada Agustus dan mengalahkan estimasi para ekonom yang memperkirakan hanya berada di level 7.

Di sisi lain, ekonomi China juga mulai terlihat pulih. Penjualan ritel Agustus naik 0,5 persen (yoy), dimana ini merupakan kinerja positif pertama di tahun ini.

Dari pasar komoditas, harga minyak naik ditopang oleh sentimen mulai positifnya rilis data ekonomi China dan AS yang merupakan dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Penguatan juga terjadi akibat adanya badai di Gulf Coast yang membuat adanya disrupsi suplai minyak di AS.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei menguat 30,48 poin atau 0,13 persen ke 23.485,37, indeks Hang Seng naik 5,98 poin atau 0,02 persen ke 24.738,74, dan indeks Straits Times menguat 9,26 atau 0,37 ke 2.495,09.


Baca juga: IHSG Rabu dibuka menguat 7,26 poin

Baca juga: IHSG ditutup melemah dipicu aksi ambil untung

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020