Jakarta (ANTARA) - Tim Indonesia berhasil meraih Juara II Subbidang Business Case pada Ajang International Economics Olympiad (IEO) Tahun 2020 yang diselenggarakan di Kazakhstan.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Asep Sukmayadi mengapresiasi capaian siswa Indonesia yang berhasil meraih juara dua dunia pada kompetisi internasional tersebut.

"Saya ucapkan selamat dan bangga, meski di tengah krisis yang sedang kita alami, semangat kalian tetap membara untuk mengikuti kompetisi ini dan menjadi juara dua dunia. Kesungguhan niat dan militansi belajar kalian patut di contoh oleh seluruh generasi muda di Indonesia," ujar Asep dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: "Islamic Economic Olympiad" 2019 dijuarai MAN I Pekanbaru

Dalam kejuaraan 2020 itu, tim Indonesia terdiri atas lima orang siswa yang berasal dari lima kota. Mereka adalah Florentiana Yuwono dari SMA Darma Yudha, Pekanbaru, Muhammad Lutfi Maudi dari SMA Taruna Nusantara Magelang, Jessica Anabel Tio Prisca dari SMA Negeri 8, Jakarta, Muhammad Zaky Nur Fajar dari SMA Pesantren Unggul Al-Bayan, Sukabumi, dan Pranindiska Nurlistyo Naistana dari SMA Negeri 1, Bumiayu.

Kelimanya merupakan peraih medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang ekonomi pada tahun 2019 di Manado.

Sebelum ditetapkan untuk mewakili Indonesia, mereka terlebih dahulu diseleksi bersama semua peraih medali dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN) 2019 di Manado.

Dari pelatihan dan seleksi babak pertama dipilih 15 terbaik untuk menjalani pelatihan dan seleksi babak kedua. Kemudian, kelimanya menjalani pembekalan khusus selama sepekan. Pelatihan dan pembekalan tersebut dilaksanakan oleh dosen ekonomi dan bisnis dari UI, UGM, ITB, UB, UM, serta pelatih khusus dari Bursa Efek Indonesia, sebuah lembaga psikologi terapan.

Lima siswa tersebut menjalani lomba di tiga tempat terpisah. Florentiana dan Lutfi menjalani lomba di kota masing-masing. Sedangkan Zaky, Pranindiska dan Jessica menyatu di Jakarta.

Baca juga: Integritas akademik harus ditanamkan pada siswa sejak dini

Kendati pelatihan babak kedua, pembekalan akhir, dan lomba harus ditempuh secara daring, motivasi mereka untuk menunjukkan prestasi sangat tinggi. "Kegigihan para peserta untuk membawa Indonesia bersinar di kancah internasional berhasil mengharumkan nama bangsa. Kelimanya sukses merebut medali," ucapnya.

Dari ajang IEO 2020, Pranindiska berhasil meraih medali perunggu. Lutfi, Jessica, dan Zaky masing-masing meraih medali perak. Sedangkan Florentiana meraih medali emas. Selain medali-medali ini, Lutfi dan Zaky keluar sebagai juara pertama dan juara kedua sub-bidang financial literacy.

Bukan hanya itu, dalam lomba business case solution, dimana mereka harus mempresentasikan solusi pemasaran vaksin COVID-19 dan kemudian menjawab pertanyaan dewan juri, tim ini mempersembahkan medali perak. Karena perbedaan waktu antara Kazakhstan dan Indonesia, presentasi kasus bisnis mereka berlangsung pada sekitar pukul 23.30 WIB.

Dengan raihan tersebut, untuk level negara, Indonesia keluar sebagai juara umum kedua dan meraih medali perak. Tempat pertama dan ketiga diduduki oleh Brazil dan Russia. Prestasi putera-puteri terbaik Indonesia tahun ini meningkat.

“Dalam IEO ke-2 di Russia tahun lalu, Tim Indonesia menempati peringkat keempat. Dengan prestasi yang meningkat dan membanggakan itu, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud kini sedang mempertimbangkan untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang IEO,” tutup Kepala Puspresnas.

Baca juga: Kemendikbud sebut terjadi lompatan perguruan tinggi dalam berinovasi

Baca juga: Kemendikbud anggarkan Rp109,85 miliar untuk penguatan platform


IEO ketiga tersebut berlangsung secara dalam jaringan (daring) di Kazakhstan. Sebagaimana IEO pertama tahun 2018 yang berlangsung di Moskow dan IEO kedua tahun 2019 yang berlangsung di Saint Petersburg, kejuaraan untuk siswa jenjang SMA ini melombakan tiga macam sub-bidang, yaitu financial literacy dan economics, bersifat perorangan; serta business case solution, bersifat beregu.

Ajang IEO dimotori oleh HSE University, salah satu universitas besar dan ternama di Russia serta kawasan Eropa Timur.

Kompetisi itu berlangsung sejak tanggal 7 hingga 13 September 2020, ajang IEO tahun ini diikuti oleh siswa-siswa SMA dari 29 negara, termasuk Amerika Serikat, China, India, Iran, Kanada, dan Rusia.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020