Jakarta (ANTARA) - BPJS Kesehatan mengoptimalkan pelayanan nontatap muka dengan inovasi berupa kanal Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa).

"Pemberian layanan publik pada masa PSBB merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi BPJS Kesehatan. Kami berupaya menurunkan intensitas peserta datang ke kantor dengan cara menyediakan kanal Pandawa, sebagai upaya partisipasi dan pencegahan penularan virus COVID-19," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan Elfanetti, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Layanan tersebut merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk mendukung pemerintah dalam menjalankan ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa pandemi COVID-19.

Sebagai inisiator Pandawa, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan mengimplementasikan seluruh pelayanan administrasi yang dapat diakses oleh peserta melalui Whatsapp.

"Peserta Program JKN-KIS dapat memanfaatkan kanal Pandawa dengan cara mengirimkan pesan melalui nomor Whatsapp ke nomor yang sudah disediakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan. Setelah itu peserta akan dihubungi dan dilayani oleh petugas sesuai dengan kebutuhan pelayanan administrasi peserta tersebut," katanya.

Elfanetti menambahkan format pengiriman pesan melalui Pandawa tersebut dituliskan dengan mencantumkan nama pelapor, nama peserta yang akan dilakukan proses pelayanan administrasi, nomor kartu JKN atau nomor KTP, nomor handphone dan kode klasifikasi layanan.

Ia juga mengungkapkan harapan terbesar dengan hadirnya Pandawa ini dapat memberi kemudahan bagi peserta JKN-KIS, karena bisa menyelesaikan proses administrasi kepesertaan melalui ponsel tanpa harus datang dan antre di Kantor BPJS Kesehatan.

Baca juga: Layanan digital mobile JKN jadi solusi di tengah pandemi

Dihubungi secara terpisah, salah seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) asal Jakarta Selatan M Arifin (37) mengatakan kehadiran program Pandawa itu sangat memberikan kemudahan dan kepastian bagi peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan.

Baca juga: Layanan JKN yang tak terhenti di kala pandemi

Menurut dia di tengah situasi pandemi saat ini, layanan nontatap muka lebih dibutuhkan untuk mencegah terinfeksinya virus corona pada masyarakat.

"Menurut saya program Pandawa yang diluncurkan BPJS Kesehatan pada masa PSBB ini memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, terutama terkait dengan pelayanan administrasi yang sudah bisa diakses melalui Whatsapp saja, saya juga menginformasikan program Pandawa ini kepada rekan kerja dikantor, sebagai rasa puas terhadap layanan yang diberikan," kata Arifin.

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020