Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memberikan apresiasi atas dukungan Pemerintahan Rusia yang memberikan beasiswa bagi 10 pelajar dan mahasiswa Orang Asli Papua (OAP) dan siap memfasilitasi untuk melanjutkan studi guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang farmasi, penelitian serta laboratorium.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua Aryoko AF Rumaropen di Jayapura, Minggu, mengatakan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Rusia yang menerima dan memberikan kepercayaan kepada anak-anak asli Papua untuk melanjutkan kuliah di Rusia.

Baca juga: Putra Papua diprioritaskan dalam penerimaan prajurit TNI AD

"Gubernur dan Wakil Gubernur Papua berterima kasih kepada Pemerintah Rusia yang telah menyalurkan bantuan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa OAP," katanya.

Menurut Aryoko, pada 2019, 26 pelajar Papua dikirim ke Rusia dan 14 diantaranya mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Rusia dan pada 2020 juga diberikan beasiswa kepada 10 pelajar OAP.

Senada dengan Aryoko Rumaropen, Vitaly Glinkin, Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia mengatakan Pemerintah Rusia berkeinginan agar putra-putri asli Papua dapat bergabung dengan peneliti-peneliti Rusia untuk melakukan riset bersama guna menciptakan vaksin yang dibutuhkan masyarakat dunia saat ini, seperti vaksin COVID-19 dan lainnya.

"Kami berharap kerja sama Pemerintah Rusia dan Pemerintah Provinsi Papua dapat memfasilitasi putra-putri Papua melanjutkan studi dan penelitian di bidang farmasi dan laboratorium, sehingga dapat bergabung dengan peneliti-peneliti Rusia untuk membuat vaksin yang dibutuhkan dunia," katanya.

Baca juga: Putra Papua diprioritaskan dalam penerimaan prajurit TNI AD

Baca juga: Gubernur Enembe apresiasi keterwakilan OAP di kabinet Jokowi


Dia menjelaskan kerja sama pendidikan dan pengembangan SDM antara Pemerintah Rusia dan Pemprov Papua berlangsung sangat baik sejak 2016 hingga 2019, Pemerintah Rusia memberikan beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa Papua untuk melanjutkan studi di negara berjuluk Beruang Merah itu.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Papua yang memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik anak-anak Papua di Rusia, saya berkeinginan berjumpa langsung dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua di Jayapura," ujarnya.

Sebelumnya, Vitaly Glinkin Direktur Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia dalam pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua Aryoko AF Rumaropen dan Kepala Bidang Pengembangan SDM Afirmasi BPSDM Provinsi Papua Elius Enembe pada Kamis siang (10/9) di Kantor Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.

Baca juga: BNN sinyalir 90 persen anak pengguna narkotika dari kalangan OAP

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020