sehingga total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 629 orang
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Tambahan warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, sebanyak 31 orang dalam sehari, sehingga total warga yang terinfeksi virus corona di wilayah setempat menjadi 629 orang.

"Per hari ini terdapat penambahan kasus baru sebanyak 31 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 629 orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr Dewi Vironica di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu malam.

Menurutnya, umlah penyumbang penambahan kasus baru itu tertinggi berada di Kecamatan Kraksaan yakni sebanyak 10 kasus, sehingga dengan tambahan 10 kasus baru tersebut, jumlahnya secara kumulatif mencapai 86 kasus," tuturnya.

Baca juga: Kabupaten Probolinggo kembali masuk zona merah COVID-19

Penambahan kasus baru tertinggi kedua terjadi di Kecamatan Pajarakan sebanyak 4 kasus, sehingga secara kumulatif jumlahnya sebanyak 35 kasus.

"Selanjutnya penyumbang penambahan kasus baru tertinggi ketiga berada di Kecamatan Dringu, Paiton dan Kotaanyar masing-masing sebanyak 3 kasus," katanya.

Dengan demikian secara kumulatif total kasus COVID-19 di Kecamatan Dringu sebanyak 66 kasus, Kecamatan Paiton sebanyak 52 kasus dan Kecamatan Kotaanyar sebanyak 30 kasus.

Baca juga: Disterilisasi, layanan IGD RSUD Tongas Probolinggo tutup sementara

Dari sisi kesembuhan, lanjut dia, ada tambahan 10 kasus kesembuhan dari COVID-19 dengan penyumbang kesembuhan terbanyak pada Sabtu ini berada di Kecamatan Pakuniran sebanyak 3 kasus, sehingga total angka kesembuhannya mencapai 17 kasus dari total 18 kasus.

Jumlah kesembuhan terbanyak kedua disumbangkan oleh Kecamatan Dringu, Gading dan Kraksaan masing-masing 2 kasus. Dengan adanya tambahan 2 kasus kesembuhan ini, total kesembuhan di Kecamatan Dringu sebanyak 46 kasus dari total 66 kasus, Kecamatan Gading sebanyak 10 kasus dari total 15 kasus dan Kecamatan Kraksaan sebanyak 55 kasus dari total 86 kasus.

Baca juga: Komorbid penyebab utama kematian pasien COVID-19 di Probolinggo

Baca juga: Tambahan 26 positif COVID-19 di Probolinggo didominasi karyawan pabrik


"Sementara untuk kasus kematian per hari ini ada penambahan sebanyak dua kasus dan secara kumulatif jumlah warga Probolinggo yang meninggal karena COVID-19 mencapai 32 kasus," katanya.

Berdasarkan data, lanjut dia, sebaran kasus COVID-19 terjadi di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, sementara untuk kasus yang masih ada pasien menjalani perawatan dan isolasi tersebar di 20 kecamatan, sehingga ada 4 kecamatan yang sudah tidak ada kasus COVID-19 meliputi Kecamatan Tiris, Krucil, Kuripan dan Sumber.

"Jumlah kasus suspek baru di Kabupaten Probolinggo sebanyak 70 kasus (ODP dan PDP yang masih dirawat) dengan 7 kasus probable (meninggal dunia menunggu hasil swab) dan 54 kasus, sehingga ada penambahan kasus suspek harian baru sebanyak 15 kasus.

Baca juga: Puskesmas Glagah Probolinggo untuk sementara tidak layani rawat inap

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020