Pertamina kucurkan pinjaman Rp5,4 miliar bina UMKM di Danau Toba

Pertamina kucurkan pinjaman Rp5,4 miliar bina UMKM di Danau Toba

PT Pertamina kucurkan dana pinjaman untuk UMKM di kawasan Danau Toba, Sumut. (ANTARA/HO (Humas Pertamina MOR 1))

Medan (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mengucurkan dana pinjaman sebesar Rp5,4 miliar untuk 60 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Tajudin Noor di Medan, Senin, mengatakan Pertamina senantiasa mendukung program pemerintah.

"Dengan bantuan dana pinjaman diharapkan UMKM di sekitar Danau Toba dapat mengembangkan usaha sehingga roda perekonomian dapat berputar," katanya.

Baca juga: Pertamina kembangkan program percepatan pemulihan UMKM

Para UMKM yang menjadi mitra binaan Pertamina diharapkan dapat mengembangkan bisnis sekaligus mendongkrak pariwisata Danau Toba.

"Meski dalam situasi pandemi COVID-19, tidak menjadi halangan bagi Pertamina membantu para UMKM berkembang dan maju," ujarnya.

Baca juga: UMKM Pertamina tembus penjualan Rp4 miliar

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi bantuan Pertamina karena sangat membantu UMKM yang terkena dampak negatif akibat Pandemi COVID-19.

Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat menyebutkan pinjaman lunak yang diberikan Pertamina akan membuat UMKM lebih leluasa dalam mengembangkan usaha mereka sehingga bisa meningkatkan pendapatan sekaligus mendukung pariwisata di kawasan Danau Toba.

Baca juga: Kementerian KUKM latih 540 pelaku usaha kawasan Danau Toba
Pewarta : Evalisa Siregar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020