Sepekan, manufaktur RI membaik hingga uang muka vaksin COVID-19

Sepekan, manufaktur RI membaik hingga uang muka vaksin COVID-19

Erick Thohir: Nanti ada vaksin COVID gratis, mulai awal 2021 (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi disiarkan Kantor Berita Antara pada pekan ini, mulai indeks manufaktur Indonesia dalam Purchasing Manager Index yang meningkat ke level 50,8, hingga pemerintah menggelontorkan pembayaran uang muka (DP) untuk vaksin COVID-19 sebesari Rp3,3 triliun.

Berikut berita ekonomi yang masih menarik untuk dibaca pada Minggu :


Presiden: Manufaktur dan indikator ekonomi lainnya mulai membaik

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan beberapa indikator perekonomian, seperti indeks manufaktur dalam Purchasing Manager Index (PMI), konsumsi masyarakat, dan ekspor sudah mulai merangkak naik, namun tetap perlu kerja keras untuk menghindari zona resesi di kuartal III 2020.

Presiden Jokowi mencontohkan PMI Manufaktur Indonesia sudah kembali ke atas 50 poin di Agustus 2020, atau sudah ke level normal.

Baca selengkapnya di sini


Dari Bank Mandiri, Royke Tumilaar kini resmi jadi Dirut BNI

Jakarta (ANTARA) - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta, Rabu, memutuskan perubahan pengurus perseroan salah satunya mengangkat Royke Tumilaar. yang sebelumnya merupakan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjadi Direktur Utama BNI.

Beberapa jajaran manajemen senior Bank Mandiri juga dipercaya mengisi jabatan di BNI. Adapun nama-nama tersebut adalah mantan Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Silvano Rumantir, mantan Senior Executive Vice President Wholesale Risk Bank Mandiri David Pirzada, mantan Senior Vice President SME Banking Muhammad Iqbal, dan mantan Senior Vice President Strategy & Performance Management Bank Mandiri Novita Widya Anggraini.

Baca selengkapnya di sini

 

Sri Mulyani perkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III masih negatif

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III tahun ini mengalami kontraksi dan kuartal IV berada sedikit di bawah zona netral.

“Prediksi kita menunjukkan di kuartal III kita mungkin masih mengalami negatif growth dan bahkan mungkin kuartal IV juga masih dalam zona sedikit di bawah netral,” kata Sri Mulyani dalam Raker bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini


BI perkirakan mulai Oktober hingga akhir tahun inflasi kembali naik

Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pergerakan harga konsumen akan mengalami inflasi pada awal kuartal IV 2020, dan kenaikan harga akan berlanjut menyusul momentum konsumsi tinggi menjelang liburan keagamaan pada Desember 2020 dan Tahun Baru 2021.


“Kita lihat dari (survei) pedagang pasar atau eceran. Jadi harga itu mulai naik di Oktober, November, hingga 2021, karena musim hujan dan ada faktor suplai,” kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu

Baca selengkapnya di sini


Pemerintah cairkan untuk uang muka produksi vaksin COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah menggelontorkan pembayaran uang muka (DP) tahun ini untuk vaksin COVID-19 mencapai Rp3,3 triliun.

“Seluruh dana yang disiapkan Rp37 triliun untuk program multiyear,” katanya dalam jumpa pers setelah rapat Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020