Kemarin, Kang Emil kritik tarif tol Cipularang hingga Pertamina ekspor

Kemarin, Kang Emil kritik tarif tol Cipularang hingga Pertamina ekspor

Seremoni peresmian ekspor solar HSD di Pelabuhan Kilang Balikpapan, Sabtu 5/9/2020. (istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi disiarkan Kantor Berita Antara pada Sabtu (5/9), mulai dari Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang mengkritik langkah PT Jasa Marga (Persero) Tbk karena memberlakukan penyesuaian tarif jalan tol Cipularang dan Padaleunyi, hingga Pertamina mengekspor 200 ribu barel atau 31,8 ribu kiloliter (kl) solar premium atau minyak diesel kecepatan tinggi (High Speed Diesel/HSD) senilai 9,5 miliar dolar AS ke Malaysia.

Berikut berita ekonomi yang masih menarik untuk dibaca pada Minggu ini:

Ridwan Kamil kritik tajam kenaikan tarif Tol Cipularang, ini katanya

Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengkritik langkah PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang akan memberlakukan penyesuaian tarif jalan tol Cipularang dan Padaleunyi mulai Sabtu (5/9) pukul 00.00 WIB, melalui akun instagramnya @ridwankamil.

"YTH PT JASA MARGA @official.jasamarga Menaikkan tarif tol di situasi ekonomi sulit saat pandemi ini sangatlah tidak bijak. Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh kebijakan korporasi ini. Karena sub-sektor ekonomi turunannya akan ikut naik," ujar Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil itu.

Baca selengkapnya di sini

Mulai Senin, Kemenko Maritim terapkan WFH seluruh karyawan

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi akan menerapkan kegiatan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) bagi seluruh karyawan mulai Senin (7/9), hingga 21 September 2020 sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan kementerian tersebut.

Keputusan tersebut ditegaskan dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Jumat (4/9)

Baca selengkapnya di sini

Dekopin sebut masa pandemi jadi momentum bergotong royong

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Ferry Juliantono menyebutkan masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga kini, menjadi momentum bagi penggiat koperasi untuk bergotong royong membangun perekonomian.

"Saat ini, kalangan penggiat koperasi menghadapi permasalahan pandemi COVID-19 di berbagai wilayah, namun hal itu justru menjadi alternatif yang efektif untuk membentengi perekonomian nasional, dengan menetapkan prinsip kekeluargaan dan gotong royong sekaligus berciri sosial," ujar Ferry dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Menristek : Indonesia bertekad salip Vietnam dalam produksi kopi

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia bertekad meningkatkan produktivitas kopinya hingga merebut kembali posisi sebagai produsen kopi nomor nomor dua di dunia yang kini ditempati Vietnam.

"Peningkatan produksi kopi menjadi salah satu program ekonomi nasional mengingat 96 persen produk kopi Indonesia disumbang oleh perkebunan kopi rakyat," katanya saat menjadi pembicara utama dalam webinar bertema Indonesia Dalam Peta Kopi Dunia: Peluang dan Prospek, yang digelar oleh Pusat Kajian Gastrodiplomasi Center for Research in Social Sciences and Humanities (C-RiSSH) Universitas Jember, Jawa Timur, Sabtu sore.

Baca selengkapnya di sini

Pertamina ekspor perdana 200.000 barel Solar HSD ke Malaysia

Balikpapan (ANTARA) - Pertamina mengekspor 200 ribu barel atau 31,8 ribu kiloliter (kl) solar premium atau minyak diesel kecepatan tinggi (High Speed Diesel/HSD) senilai 9,5 miliar dolar AS ke Malaysia, Sabtu.

Kargo HSD tersebut dikirim melalui Pelabuhan Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur dengan kapal MT Ridgebury Katherine Z.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020