BGR Logistics kembangkan gudang modern di Palembang

BGR Logistics kembangkan gudang modern di Palembang

Peresmian depo kontainer dan gudang modern di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau 'BGR Logistics, BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia, mengembang depo kontainer dan gudang modern dan yang didukung sistem teknologi informasi memadai.

"Depo kontainer dan gudang modern yang dikembangkan di Divre IV Palembang ini segera dibangun di Makasar dan sejumlah daerah lainnya," kata Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo pada acara peresmian depo kontainer dan gudang modern di Palembang, Sabtu.

Peresmian depo kontainer dan gudang modern di Palembang ditandai dengan prosesi 'hand scanning" pada layar LED dihadiri pula oleh Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Imam Paryanto, dan jajaran direksi lainnya yakni Direktur Komersial BGR Logistics Budi Susanto, Direktur Pengembangan Usaha dan Sistem Informasi Tri Wahyundo Hariyatno, dan Direktur Keuangan & SDM BGR Logistics Irma Setyowati dengan tetap memperhatikan dan menerapkan standar protokol kesehatan antisipasi penyebaran COVID-19.

Kuncoro mengatakan, selama ini depo kontainer dan gudang 'BGR Logistics' yang berlokasi di samping pabrik PT Pusri dikenal gudang pupuk dan melayani distribusi pupuk dalam kondisi kurang tertata dan terkesan kotor.

Dengan dilakukan pengembangan usaha jasa layanan distribusi sektor pangan serta dijadikan depo kontainer dan gudang modern menjadi lebih baik, bersih, dan tertata rapi.

Depo kontainer dan gudang modern yang dikembangkan di Kota Palembang berada di kawasan daerah aliran Sungai Musi dengan luas lahan sekitar 2,7 hektare yang lapangannya mampu menampung 2.000 unit kontainer.

Depo kontainer dan gudang modern di Palembang ini juga dilengkapi dengan sarana pencucian kontainer yang memadai, fasilitas perbaikan kontainer, serta alat berat pendukung seperti side loader dan forklift memberikan layanan depo kontainer terbaik dengan solusi terintegrasi, andal, dan terpercaya.

Untuk memastikan manajemen depo kontainer yang cepat dan andal, pihaknya menggunakan aplikasi “Depot Management and Agency (Denada)”.

Denada merupakan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk managemen kontainer,   lift on dan lift off container sehingga memberikan data yang informatif kepada agen atau pelanggan.

“Untuk mengakses aplikasi denada dapat dibuka denganalamat denada.bgrlogistics.id,” ujarnya.

Dia menjelaskan, gudang modern milik BUMN anggota Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) di area depo kontainer BGR Logistics Divre IV Palembang mengelola komoditas 'fast moving consumer goods (FMCG)' dengan sistem WMS (Warehouse Management System) mempermudah dan mempercepat segala aktivitas di gudang mulai dari aktivitas inbound - outbond.

Selain itu, dengan aplikasi tersebut mampu mempermudah mobilitas pekerjaan karena setiap proses terautomasi dan membuat data lebih transparan serta aman.

Dengan teknologi 'barcode scanner' yang mampu mengelola hingga 24.000 SKU (Stock Keeping Unit) serta terhubung dengan ERP-SAP.

Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Imam Paryanto pada acara tersebut mengatakan pihaknya mendukung BGR Logistics tidak hanya mengembangkan usaha sektor pangan dan pupuk, tetapi ke sektor-sektor usaha lainnya.

"Kementerian BUMN mengapresiasi upaya yang dilakukan BGR Logistics, setelah beberapa waktu yang lalu meresmikan aplikasi Mitra Warung Pangan dan aplikasi Warung Pangan, kini meresmikan layanan depo kontainer dan gudang modern di Palembang dengan dukungan sistem IT yang andal," ujarnya.

Baca juga: BGR Logistics luncurkan dua aplikasi pangan
Baca juga: BGR Logistics gandeng HARA Technology perkuat aplikasi pangan
 
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020