Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian (Persero) membuka kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk berkarir di BUMN, melalui lowongan kerja atau pembukaan rekrutmen Tahun 2020.

Para penyandang disabilitas diberi waktu untuk mengirimkan dokumen lamaran kerja dalam format pdf melalui email resmi rekrutmen@pegadaian.co.id atau situs Pegadaian dengan link https://www.pegadaian.co.id/karir, paling lambat hari Selasa, 8 September 2020 pukul 17.00 WIB.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero) R. Swasono Amoeng Widodo di Jakarta, Kamis mengatakan bahwa rekrutmen untuk ini menjadi bentuk perusahaan akan kesetaraan penyandang disabilitas dan kepatuhan regulasi.

"Rekrutmen penyandang disabilitas ini membuktikan bahwa perusahaan menghargai kesetaraan. Siapapun warga negara Indonesia yang memenuhi syarat-syarat profesionalitas mempunyai kesempatan yang sama untuk berkarir di Pegadaian," kata Amoeng dalam keterangannya.

Amoeng menjelaskan bahwa selain menjadi bentuk kepatuhan terhadap regulasi, perusahaan sangat mendukung program "SDM Unggul Indonesia Maju".

Lebih lanjut Amoeng mengatakan bahwa proses rekrutmen ini dilakukan secara mandiri, tidak bekerja sama dengan perusahaan travel manapun dan tidak dipungut biaya.

Perseroan menjunjung tinggi prinsip-prinsip GCG (Good Corporate Governance), di antaranya prinsip keadilan dengan melakukan rekrutmen secara transparan dan profesional.

Masyarakat diminta hati-hati dan waspada jika terdapat pihak-pihak yang mengaku sebagai panitia dan meminta sejumlah uang. Panitia juga tidak melayani komunikasi dengan menggunakan nomor handphone pribadi.

Ada pun dokumen yang dipersyaratkan di antaranya :
1. Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup (Curicullum Vitae)
2. Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir
3. Surat Referensi atau Keterangan Bekerja (apabila ada)
4. Surat Keterangan Disabilitas dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Sementara itu, kualifikasi yang dibutuhkan oleh Pegadaian adalah sebagai berikut :
1. Pendidikan minimal yang dipersyaratkan adalah SLTA/D3/S1 dari berbagai jurusan
2. Rentang usia antara 20-35 tahun
3. Baru lulus (fresh graduated) atau memiliki pengalaman kerja satu tahun
4. Bersedia ditempatkan sesuai keahlian dan posisi yang tersedia
5. Diutamakan putra-putri daerah dan bersedia ditempatkan sesuai wilayah kerja PT Pegadaian (Persero)
6. Komunikatif dan berpenampilan rapi
7. Dapat bekerja secara tim dan memiliki integritas yang baik
8. Mampu mengoperasikan program Microsoft Office
9. Disabilitas yang diterima adalah tuna daksa atau penyandang cacat pada salah satu bagian tubuh

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020