Sajikan informasi yang sebenar-benarnya agar wisatawan Nusantara kembali datang
Denpasar (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong para Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) di Provinsi Bali aktif menyajikan informasi terkait upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 yang telah dilakukan pemerintah.

"Bali sebagai destinasi wisata utama di Indonesia memiliki posisi yang sangat strategis dan menjadi tantangan tersendiri bagi jajaran PPID," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Prof Dr Widodo Muktiyo saat menjadi pembicara kunci pada Seminar Virtual Forum Keterbukaan Informasi Publik Wilayah Bali, Selasa.

Menurut dia, akses informasi yang dibuka seluas-luasnya akan meyakinkan wisatawan untuk berkunjung kembali ke Pulau Dewata.

"Sajikan informasi yang sebenar-benarnya agar wisatawan Nusantara kembali datang. Karena untuk saat ini, akses untuk wisatawan mancanegara belum dibuka," ucap Muktiyo.

Baca juga: BSSN bangun edukasi budaya keamanan informasi pada masa pandemi COVID

Selain memberi informasi terkait penanganan COVID-19, PPID juga wajib berperan dalam menyosialisasikan berbagai regulasi yang dimaksudkan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti penggunaan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

Widodo Muktiyo yang mengikuti seminar dari Kantor Kementerian Kominfo Jakarta mengapresiasi forum diskusi yang digelar di tengah upaya penanganan pandemi COVID-19.

Kegiatan tersebut, tambah dia, dinilai sangat penting karena masyarakat membutuhkan akses informasi di tengah pandemi. Informasi dibutuhkan untuk mengurangi ketidakpastian.

Baca juga: Kominfo dukung Kelas Belajar Podcast Siberkreasi, target 5.000 peserta

Muktiyo kemudian mengibaratkan informasi sebagai makanan. "Jika diibaratkan seperti makanan, kita semua yang duduk sebagai PPID di berbagai lembaga publik bertanggung jawab menyediakan informasi yang diminta masyarakat. Karena informasi yang kita sajikan akan sangat menentukan respons publik," ujarnya.

Namun, agar dapat menyediakan informasi sesuai kebutuhan masyarakat, Muktiyo mendorong jajaran PPID terus berupaya meningkatkan profesionalisme.

Seminar yang digagas Kementerian Kominfo ini menghadirkan empat orang pembicara yaitu Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Selamatta Sembiring, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Hendra J. Kede, Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kemenkes Busroni dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfos Provinsi Bali Ida Bagus Ketut Agung Ludra.

Baca juga: Kominfo ajak ratusan pelajar Bali perangi hoaks corona

Selamatta Sembiring berpendapat PPID sejatinya telah berupaya menyajikan berbagai informasi melalui halaman website yang dikelola. Namun yang masih menjadi tantangan adalah bagaimana menarik perhatian masyarakat untuk "kepo" (ingin tahu).

"Kalau saya ibaratkan sebuah warung makan, PPID sudah menyiapkan tempat yang bagus, menu yang enak dan layanan yang baik. Tetapi keberadaan warung itu lama-lama akan mati bila tidak ada konsumen yang berkunjung," ujarnya sembari berharap peserta yang dihadirkan dalam seminar virtual kali ini bisa membantu mensosialisasikan keberadaan PPID.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Hendra J Kede, Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kemenkes Busroni. Keduanya sepakat dengan optimalisasi peran PPID dalam memberi informasi terkait upaya penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Ombudsman Bali: Satgas COVID-19 siapkan informasi akurat untuk publik

Sementara itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfos Provinsi Bali Ida Bagus Ketut Agung Ludra memaparkan tentang program kerja PPID Bali terkait akses informasi COVID-19.

Menurut IB Ludra, website PPID Bali telah dilengkapi beberapa akses informasi terkait COVID-19 yang terhubung langsung dengan gugus tugas. Aplikasi tersebut antara lain "Cek Diri, HMC dan Love Bali".

Aplikasi "Cek Diri" ditujukan kepada semua yang datang ke Bali. Dengan mengisi apikasi ini, keberadaan mereka selama berada di Bali akan mudah telacak karena aksesnya terhubung langsung dengan gugus tugas.

Secara umum, PPID Bali yang saat ini memegang predikat "menuju informatif" ini terus berbenah untuk memperoleh hasil penilaian yang lebih baik.

Baca juga: BNPB nilai jumlah tes usap PCR harian di Indonesia sudah memadai
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020