Jumlah pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya saat ini mencapai 661 orang
Palangka Raya (ANTARA) - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Kalteng, Murni D Djinu mengatakan jumlah kasus sembuh dari penyakit akibat virus tersebut di kota setempat mencapai 661 orang.

"Jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya sampai saat ini mencapai 661 orang atau berada di angka 72,56 persen dari total kasus yang ada," kata Murni di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengatakan berdasar data yang dihimpun satgas, untuk warga Ibu Kota Provinsi Kalteng yang terkonfirmasi positif COVID-19 kasus pertama pada Mei hingga saat ini tercatat 991 kasus setelah terjadi penambahan enam kasus positif.

Baca juga: Akumulasi positif COVID-19 di Palangka Raya capai 893 kasus

Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada juga tercatat jumlah kematian sebanyak 54 orang. Sementara masyarakat yang berstatus saspek COVID-19 tercatat 306 orang setelah terjadi penambahan lima orang..

Berdasar data yang sama, di wilayah "Kota Cantik" saat ini masih tercatat sebanyak 196 orang berstatus positif dalam perawatan atau sebanyak 21,51 persen setelah terjadi penambahan 10 kasus sembuh.

Data tersebut berhasil dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya mencakup lima kecamatan yang mencakup 32 kelurahan.

Baca juga: Akumulasi sembuh COVID-19 di Palangka Raya capai 608 kasus

Bertambahnya kasus positif COVID-19 tersebut, menurut Murni, juga bentuk keberhasilan tim kesehatan dalam melakukan penelusuran kontak erat warga dengan pasien positif.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini pengamanan hingga penanganan kasus.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin pun mengajak masyarakat di wilayah "Kota Cantik" untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

Baca juga: 14 kelurahan di Kota Palangka Raya zona hijau COVID-19

"Selalu jaga jarak minimal satu hingga dua meter Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer," katanya.

Ia meminta warga menghindari kerumunan dan selalu taati arahan dan anjuran pemerintah. Selalu gunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penularan COVID-19.

"Saat ini upaya pencegahan yang paling ampuh ialah rajin membersihkan tangan dan menggunakan masker," kata Fairid.

Baca juga: Akumulasi sembuh COVID-19 di Palangka Raya capai 550 kasus



 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020