Sudin Perhubungan Jakpus siapkan 78 personel jaga KKP di 2 kecamatan

Sudin Perhubungan Jakpus siapkan 78 personel jaga KKP di 2 kecamatan

Suasana Kawasan Khusus Pesepeda di Jalan Gadjah Mada, Ahad (9/8/2020). (ANTARA/HO/Sudin Kominfotik Jakarta Pusat)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat menyiapkan 78 personel untuk menjaga arus lalu lintas dan situasi saat Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) kembali dibuka pada Ahad (30/8) selama tiga jam mulai dari 06.00 WIB-09.00 WIB.

"Total petugas kami turunkan ada 78 petugas. Itu untuk di Kecamatan Gambir dan Kemayoran dengan jalur Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gajah Mada dan Jalan Benyamin Sueb," kata Kasi Ops Sudin Perhubungan Jakarta Pusat Syamsul saat dihubungi, Sabtu.

Jumlah petugas di KKP Jalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada lebih banyak dipersiapkan, yaitu sebanyak 56 petugas. Untuk petugas Dinas Perhubungan di KKP Kecamatan Kemayoran, Jalan Benyamin Sueb dipersiapkan sebanyak 22 orang.

"Masing-masing KKP (baik di Gambir maupun di Kemayoran), kita tutup masing-masing di 14 titik," ujar Syamsul.

Syamsul mengatakan, pihaknya menggunakan 22 unit water barrier (pembatas jalan dari plastik) dan 57 traffic cone untuk melakukan penutupan jalur-jalur guna memfasilitasi para pesepeda lewat KKP.

Ia pun mengimbau para pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat untuk mencari jalur alternatif selama KKP berlangsung khususnya di Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Gajah Mada.

Baca juga: Pemkot Jakpus buka kembali dua titik kawasan khusus pesepeda
Baca juga: Wali Kota Jakpus minta KKP di Gambir disosialisasikan lebih gencar
Pesepeda tengah mencoba jalur khusus sepeda di kawasan Rawamangun Jakarta Timur. ANTARA/Agus Saeful Imam /aa.
Adapun jalur alternatif yang dapat digunakan para pengendara kendaraan bermotor akibat adanya KKP di Gambir sebagai berikut:

1. Jalan Sukarjo Wiryopranoto-Jalan KH Zainul Arifin-Jalan AM Sangaji-Jalan Suryopranoto;
2. Jalan KH Zainul Arifin-putar balik ke Jalan AM Sangaji-Jalan Suryopranoto;
3. Jalan KH Hasyim Ashari-putar balik ke Jalan AM Sangaji-Jalan Suryopranoto;
4. Jalan Majapahit-Jalan Ir Juanda atau Jalan Suryopranoto;
5. Jalan Veteran-Jalan Suryopranoto atau Jalan Majapahit;
6. Jalan Suryopranoto-Jalan Ir Juanda.

Sementara untuk kendaraan bermotor yang akan melintas di KKP Kecamatan Kemayoran dipastikan tetap dapat bergerak melewati Jalan Benyamin Sueb namun hanya mendapatkan dua jalur saja.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat membuka kembali dua titik KKP setelah adanya peningkatan jumlah pesepeda sebanyak empat kali lipat di kawasan Sudirman-MH Thamrin pada Ahad (23/8) lalu.

Dua titik KKP itu berada di Kecamatan Gambir, yaitu di Jalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada serta Kecamatan Kemayoran di Jalan Benyamin Sueb.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020