Kami berharap ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi lokal
Banyuwangi (ANTARA) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut positif  penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar bisa kembali beroperasi dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung dibukanya kembali penerbangan Banyuwangi-Denpasar (PP) yang beberapa waktu lalu sempat dihentikan karena pandemi COVID-19.

Maskapai penerbangan Citilink membuka kembali penerbangan rute Bandara Banyuwangi ke Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali, dan sebaliknya, dengan ditandai penerbangan perdana dari Denpasar menuju Bandara Banyuwangi, Jumat.

"Dibukanya kembali penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar ini merupakan hasil kolaborasi banyak pihak. Kami berterima kasih kepada Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Kementerian Perhubungan yang telah mendorong dibukanya kembali rute ini," kata Bupati Banyuwangi.

Menurut Anas, Bali merupakan tujuan pariwisata nasional yang sudah sangat ternama. Ia berharap dengan dibukanya rute ke Bali di tengah terpukulnya sektor pariwisata saat ini akan berdampak positif bagi Banyuwangi.

"Kami sangat senang Banyuwangi bisa terhubung dengan Bali sebagai pusat pariwisata nasional. Kami berharap ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi lokal," ujarnya.

Dibukanya rute penerbangan ini, kata Anas, akan berdampak pada menggeliatnya pariwisata daerah. Untuk itu, Anas berharap kepada semua pelaku pariwisata untuk tidak lupa dan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan secara ketat.


Baca juga: Citilink kembali buka penerbangan Banyuwangi-Denpasar hari ini

Baca juga: Menpar: Banyuwangi jadi percontohan penerbangan umum untuk pariwisata



"Pariwisata yang bergerak harus tetap tetap harus waspada pada COVID-19. Jangan hanya bandara yang ketat melakukan protokol kesehatan, namun para wisatawan dan pelaku wisata tetap harus diingatkan untuk disiplin pada protokol kesehatan," kata Azwar Anas.

Sementara itu, Station Manager Citilink Banyuwangi Deni Wahyudi mengatakan bahwa penerbangan ini akan berlangsung tiap hari dengan pesawat jenis ATR 72-600 berkapasitas 72 tempat duduk.

Jadwal Banyuwangi-Denpasar 07:35 WIB - 09:15 WITA dan dari Denpasar - Banyuwangi pukul 12:55 WITA - 12:45 WIB.

"Selama masa pandemi ini, penerbangan maksimal hanya mengangkut 70 persen penumpang atau maksimal 50 orang," kata Deni.

Meski demikian, Deni menyatakan lebih optimistis dengan rute Banyuwangi-Denpasar yang kembali dibuka ini sebab biaya operasional pesawat yang digunakan saat ini cukup efisien.


Baca juga: Bupati sambut baik beroperasinya kembali penerbangan ke Banyuwangi

"Pesawat jenis ATR yang kami gunakan jam terbangnya hanya 500 km, sangat efisien untuk rute pendek sehingga berdampak pada harga tiket yang lebih terjangkau bagi penumpang. Maka kami lebih optimis rute ini bisa berkesinambungan," ujarnya.

Eksekutif General Manager Bandara Banyuwangi Cin Asmoro menambahkan pihaknya turut gembira dengan dibukanya kembali rute Banyuwangi-Denpasar, karena akan meningkatkan jumlah penerbangan di bandara yang sempat mengalami penurunan selama masa pandemi COVID-19 ini.

"Beberapa bulan terakhir, bandara di Indonesia pada umumnya juga termasuk Bandara Banyuwangi mengalami penurunan jumlah penerbangan yang sangat drastis. Yang disebabkan adanya penutupan maupun pembatasan penerbangan akibat terjadi pandemi," tuturnya.

Penurunan jumlah penerbangan, lanjut Cin Asmoro, mencapai hingga 90 persen di bulan Maret dan April 2020. Namun sejak bulan Juni, penerbangan sudah mulai menggeliat kembali. Tercatat hingga tanggal 26 Agustus 2020 jumlah penerbangan sudah mencapai 4.312 baik yang take off maupun landing.

"Dengan adanya rute ini kami berharap penerbangan bisa mencapai angka 5000. Dan ke depan kami berharap jumlah penerbangan di Bandara Banyuwangi bisa terus meningkat seperti di masa normal," tuturnya.


Baca juga: Citilink akan buka penerbangan langsung Banyuwangi-Denpasar Agustus

Baca juga: Penerbangan Kuala Lumpur-Banyuwangi dibuka 19 Desember

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020