Pekanbaru ketambahan 40 kasus COVID-19, tertinggi selama pandemi

Pekanbaru ketambahan 40 kasus COVID-19, tertinggi selama pandemi

Tes usap massal di Pasar Bawah, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (23/7/2020) ANTARA/FB Anggoro

Pekanbaru (ANTARA) - Juru bicara bidang kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru Provinsi Riau dr Mulyadi mengatakan terjadi ledakan kasus konfirmasi positif di wilayah setempat dengan penambahan 40 yang positif pada Kamis (27/8).

"Ini tren penambahan tertinggi sejak awal kasus COVID-19 masuk ke Pekanbaru," kata Mulyadi di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Sabang terus bertambah

Hampir semua kecamatan menyumbang kasus positif COVID-19, terbanyak Payung Sekaki menyumbang delapan kasus diikuti Tampan tujuh kasus serta Rumbai dan Marpoyan Damai masing-masing enam kasus.

"Sisanya disumbang kecamatan lainnya," katanya.

Baca juga: Dinkes: Pasien selesai isolasi di Lampung bertambah 11 orang

Dari data yang dilaporkan, penularan masih dari kontak dengan pasien sebelumnya terbanyak klaster kantoran dan hubungan keluarga.

Tetapi tercatat juga data pasien dengan riwayat perjalanan dan kontak yang belum jelas atau belum diketahui. Artinya penularan seperti ini cenderung terjadi bagi pasien orang tanpa gejala (OTG).

Baca juga: Kasus COVID-19 Aceh bertambah 106 jadi 1.398

"Hal ini perlu diwaspadai karena kita tidak tau siapa yang lagi positif soalnya kelihatan sehat-sehat saja, makanya warga diimbau tetap gunakan masker saat keluar rumah rajin cuci tangan dan jaga jarak jika ada kerumunan," katanya mengimbau.

Selain penambahan kasus baru, ada juga penambahan satu orang pasien COVID-19 yang meninggal dunia yaitu Ny AK umur 50 tahun warga Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki.

"Suspek dirawat di rumah sakit, meninggal tanggal 26 Agustus 2020 dengan keluhan batuk sesak, lemas, komorbid DM, HT, ada juga riwayat asma," katanya.

Dengan penambahan 40 kasus baru itu maka total pasien positif hingga Kamis 27 Agustus 2020 di Pekanbaru mencapai 546 orang, dengan rincian 217 orang sembuh dan pulang, 72 orang masih dirawat di rumah sakit, serta 248 orang jalani isolasi mandiri dan delapan orang meninggal dunia.

Sementara itu perlu diketahui untuk Provinsi Riau juga terjadi penambahan kasus
terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 99 orang.
Jumlah ini juga menjadi angka tertinggi sejak pandemi masuk Riau.

Dengan adanya penambahan 99 kasus baru tersebut maka kasus COVID-19 secara kumulatif di Riau menyentuh angka 1.460 kasus, yang meninggal dunia ada 25 orang.
 
Pewarta : Vera Lusiana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020