Anies berharap Pramuka punya andil saat pandemi COVID-19

Anies berharap Pramuka punya andil saat pandemi COVID-19

Tangkapan layar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan informasi terbaru perkembangan COVID-19 di Ibu Kota dalam video yang diunggah Pemrov DKI Jakarta, Sabtu (25/7/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan Gerakan Pramuka memiliki andil dalam pandemi COVID-19 sehingga secara bersama dapat memancarkan semangat untuk mendorong masyarakat Jakarta melewati masa ini dengan baik.

"Perayaan dengan tema tersebut menjadi pengingat bahwa gerakan Pramuka harus terus memberikan andil, terus menerus memancarkan semangat untuk mendorong masyarakat di Jakarta bisa melewati masa pandemi ini dengan baik. Saya yakin Pramuka Jakarta bisa menjadi pelopor, sekaligus perwujudan dan pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut, kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tercermin dalam tema yang diambil dalam memperingati ulang tahunnya ini, yaitu 'Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara'.

Adapun bentuk kepedulian yang dilakukan Pramuka Jakarta dalam menghadapi pandemi COVID-19, ujar Anies, adalah sebagaimana dilaporkan seluruh Kuartir Ranting Pramuka Jakarta, yaitu turut mempelopori kampanye protokol kesehatan, memberikan beragam bantuan bagi masyarakat untuk keberlangsungan hidup sehari-hari dan lain sebagainya.

"Saya juga ingin menyampaikan selamat kepada keluarga besar Gerakan Pramuka Kwartir Daerah DKI Jakarta. Besar harapan kami, InsyaAllah gerakan pendidikan kepramukaan semakin maju dan berkembang dan menjadikan Pramuka sebagai garda terdepan pelaku perubahan dalam penumbuhan karakter bagi generasi muda," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pramuka ke-59 Kwartir Daerah DKI Jakarta di Halaman Balai Kota Jakarta, pada Sabtu pagi.

Upacara Hari Pramuka pada tahun ini digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan agar dapat mencegah penularan COVID-19.

Baca juga: Bagi Anies temuan kasus baru COVID-19 bukan kabar buruk
Baca juga: Anies: Tak bermasker artinya tidak hargai diri sendiri dan orang lain
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020