Bertambah dua, positif COVID-19 di Pangkalpinang naik 67 orang

Bertambah dua, positif COVID-19 di Pangkalpinang naik 67 orang

Sekretaris Pelaksana Pusdalops BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa. (FOTO ANTARA/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pusat Pengendalian Operasi Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan jumlah total kasus warga terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Pangkalpinang bertambah menjadi 67 orang, setelah ada dua tambahan baru.

"Hasil tes usap (swab) polymerase chain reaction (PCR) Jumat (21/8), dua orang warga Kota Pangkalpinang dinyatakan positif terpapar COVID-19 sehingga total kasus virus corona di Ibu Kota Provinsi Babel itu sebanyak 67 orang," kata Sekretaris Pelaksana Pusdalops BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan jumlah total kasus warga terpapar COVID-19 di Provinsi Kepulauan Babel hingga pada Sabtu (22/8) 2020 ini sebanyak 222 orang tersebar di kabupaten/kota dengan rincian Kota Pangkalpinang sebanyak 67 orang dan Kabupaten Bangka 69 orang.

Selanjutnya jumlah warga terpapar COVID-19 di Kabupaten Bangka Tengah 17 orang, Bangka Barat 22 orang, Bangka Selatan 9 orang, Belitung 26 orang dan Belitung Timur sebanyak 12 orang.

"Sebanyak 201 dari 222 kasus dinyatakan sembuh dari COVID-19, masih dalam isolasi 19 orang dan meninggal dunia dua orang pasien," ujarnya.

Menurut dia dua penambahan kasus warga terpapar COVID-19 yaitu U-U, 58 tahun, perempuan, beralamat di Jalan Lintas Timur, Selindung, Pangkalpinang. Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan merupakan kontak erat A-H, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi COVID-19, yang diketahui bahwa U-U adalah ibu dari A-H.

Selanjutnya A-Z, 44 tahun, perempuan, beralamat di Jalan Betutu Dalam Selindung Baru Pangkalpinang. Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan diketahui memiliki/mengalami infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA kategori berat.

"Kami berharap adanya penambahan kasus COVID-19 ini, masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti selalu menggunaka masker saat beraktivitas, mencuci tangan, menjaga jarak dan menerapkan prilaku hidup sehat," demikian Mikron Antariksa.

Baca juga: Sepasang suami-istri di Pangkalpinang terpapar COVID-19

Baca juga: Kota Pangkalpinang Babel sudah nihil pasien COVID-19

Baca juga: Pangkalpinang laksanakan swab test massal telusuri kontak Kepala OPD
Pewarta : Aprionis
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020