Padatnya tugas pelayanan, membuat kami baru dapat merayakan HUT Ke-75 RI
Gorontalo (ANTARA) - Para tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Kwandang, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, baru menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia (RI) beberapa hari setelah 17 Agustus 2020 karena kesibukan dalam menangani pandemi COVID-19.

"Padatnya tugas pelayanan yang dilakukan, membuat kami baru dapat merayakan HUT Ke-75 RI, diikuti 66 orang nakes di puskemas ini," ujar Kepala Puskesmas Kwandang, Yuliana Mizar di Gorontalo, Sabtu.

Meskipun dirayakan internal namun kemeriahannya sangat dirasakan.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Gorontalo Utara capai 52 jiwa

Puluhan nakes di Puskesmas Kwandang termasuk para dokter, nampak bersemangat dan dipenuhi kegembiraan mengikuti beragam lomba yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Meski digelar internal di halaman puskesmas, namun penerapan protokol kesehatan tidak dikesampingkan," ujarnya.

Ada 8 jenis lomba yang digelar, di antaranya lomba menghias ruangan dan kebersihan, lari kelereng, memasukkan pensil ke botol dan lari karung.

Lomba diikuti para nakes utusan perwakilan dari setiap ruang pelayanan di puskesmas yang terletak di lintas Sulawesi ini

Baca juga: Balik ke kampus, tes cepat digratiskan bagi mahasiswa Gorontalo Utara

"Alhamdulillah mereka (nakes) senang dan penuh bersemangat, masker tetap digunakan dan jaga jarak tetap diterapkan," ujar Yuliana.

Pihaknya, kata dia, telah melakukan tes cepat COVID-19 kepada 66 nakes di puskesmas tersebut.

"Kami bersyukur, hasilnya nonreaktif dan tes tersebut akan digelar berkala untuk memastikan seluruh nakes aman dari infeksi COVID-19," ucapnya.

Baca juga: Gorut zona hijau pascalima positif COVID-19 dinyatakan sembuh

Sementara itu, Noldy, satu perawat di Puskesmas Kwandang mengaku senang dapat memeriahkan HUT Ke-75 RI,  meskipun hanya digelar terbatas.

"Kemeriahannya dapat kami rasakan. Ini semakin memperkuat kebersamaan dan kekompakan kami khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19," ujarnya.

Selama ini, katanya, mereka fokus bergelut dengan pelayanan termasuk turun ke posko satuan tugas di perbatasan.

"Perayaan dan keseruan lomba-lomba yang kami ikuti sangat membantu menghilangkan kepenatan," ucapnya.

Baca juga: Sekda Gorontalo Utara pantau simulasi normal baru di sekolah
 
Keseruan para tenaga kesehatan di Puskesmas Kwandang-Gorontalo Utara, merayakan peringatan HUT Ke-75 RI di masa pandemi COVID-19. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020