KKP gandeng mitra platform digital pasarkan produk UMKM perikanan

KKP gandeng mitra platform digital pasarkan produk UMKM perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. ANTARA/HO-KKP

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng sejumlah mitra perusahaan platform digital dalam rangka mempromosikan hingga memasarkan berbagai produk hasil perikanan yang dimiliki UMKM di berbagai daerah.

"Kerja sama KKP dengan platform digital membawa angin segar bagi majunya usaha kelautan dan perikanan Indonesia," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Jakarta, Rabu.

KKP telah melakukan perjanjian kerja sama antara lain dengan sejumlah mitra digital yaitu TaniHub Group, Aruna, Grab dan Gojek, yang berlangsung di Kantor KKP, Jakarta Pusat pada 19 Agustus 2020.

Edhy Prabowo mengutarakan harapannya agar dengan kerja sama ini dapat membuat masyarakat lebih mudah dalam memperoleh produk perikanan.

Baca juga: KKP seleksi 800 UMKM untuk program Pasar Laut Indonesia

Bila warga di berbagai daerah di Nusantara semakin gampang mendapatkan ikan, kata dia, maka diharapkan pula tingkat konsumsi ikan akan ikut terdongkrak.

Dirjen PDSPKP Nilanto Perbowo menjelaskan KKP saat ini juga memiliki platform Pasar Laut Indonesia sebagai wadah pembinaan untuk para pelaku UMKM bidang kelautan dan perikanan. Sejauh ini, kata dia, KKP sudah menyeleksi lebih dari 800 UMK dari target 2.000 UMK.

Ia memaparkan bahwa salah satu verifikasi terhadap UMKM adalah kualitas produk yang dihasilkan aman dikonsumsi masyarakat.

Untuk itu, ujar dia, pihaknya optimistis bahwa kualitas dibarengi dengan pasar yang optimal akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang maksimal.

Baca juga: KKP siapkan 500 produk UMKM perikanan dalam gerakan bangga buatan RI

Sementara itu Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menilai bahwa sektor kelautan dan perikanan berperan penting bagi perekonomian, mengingat Indonesia adalah negara maritim.

Dengan memberi dukungan bari koperasi dan UMKM sektor kelautan perikanan, lanjutnya, maka pemerintah dinilai telah melakukan langkah serius dalam mengembangkan sektor ini.

"Kami sangat senang dapat mendukung usaha KKP dalam memastikan para UMKM khususnya yang memasarkan produk kelautan dan perikanan untuk memiliki akses digital agar mereka bisa bertahan di masa yang sulit ini," ujar Neneng.

Baca juga: KKP minta UMKM pengolahan ikan peduli kemasan

Hal senada diungkapkan President of TaniHub Group Pamitra Wineka. Ia menilai kerja sama yang dibangun merupakan tonggak bersejarah dan bukti keseriusan pemerintah dan platform digital dalam mengembangkan sektor perikanan Indonesia.

Penandatangan kerja sama antara KKP dengan sejumlah platform digital disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta perwakilan Kementerian Perekonomian.

Baca juga: KKP perkuat daya saing UMKM perikanan di pasar digital
Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020