RSUD Pirngadi Medan mulai layani tes usap PCR COVID-19

RSUD Pirngadi Medan mulai layani tes usap PCR COVID-19

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi Medan, Sumut, mulai mengoperasikan laboratorium untuk melakukan uji usap COVID-19 dengan metode rantai reaksi polimerase (PCR). ANTARA/Handout/aa.

Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi Medan, Sumatera Utara, mulai mengoperasikan laboratorium untuk melakukan uji usap dengan metode rantai reaksi polimerase (PCR) untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19.

Direktur RSUD dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan, Rabu, mengatakan pemeriksaan tersebut mulai dilakukan sejak Selasa (18/8) khususnya terhadap sampel usap pasien COVID-19 yang mereka rawat.

Baca juga: Plt Wali Kota Medan keluar dari RS usai dirawat akibat COVID-19

"Mulai semalam kami telah melaksanakan uji usap PCR dengan teknologi modern 'full automatic' di RS Pirngadi," katanya.

Dengan adanya laboratorium PCR di RSUD Pirngadi Medan, kata Suryadi, diharapkan diagnosa penderita COVID-19 menjadi lebih baik. Alat PCR ini, tambah dia, berada di bawah tanggung jawab Instalasi Patologi Klinik RS tersebut.

"Untuk itu kita harapkan kerja sama dari semua RS yang ada di Medan maupun dari RS kabupaten/kota yang ada di Sumut," ujarnya.

Baca juga: Puluhan dosen positif, BTKLPP tes usap massal lingkungan Kampus USU

Baca juga: Kontak erat Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution jalani tes swab


Berdasarkan data terbaru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, kasus positif COVID-19 di Sumut berjumlah 5.820 orang.

Kemudian, untuk pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh berjumlah 2.739 orang dan meninggal dunia berjumlah 257 orang.

Sementara untuk jumlah kasus saspek (pasien dalam pengawasan/PDP) berjumlah 573 orang.

Baca juga: Plt Wali Kota Medan positif COVID-19, aktivitas kantor tetap normal

Baca juga: Rektor USU Runtung Sitepu sembuh dari COVID-19


 
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020