Wapres Ma'ruf: Prangko gambarkan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia

Wapres Ma'ruf: Prangko gambarkan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti acara peluncuran Prangko Seri Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) di Jakarta, Rabu (19/8/2020). (Asdep Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan prangko tidak lagi berfungsi sebagai alat pembayaran, melainkan sebagai media visual yang menggambarkan peristiwa bersejarah, kedaulatan serta keberagaman masyarakat di Indonesia.

"Prangko saat ini tidak banyak lagi digunakan sebagai alat pembayaran pengiriman pos. Namun, peran prangko masih tetap menjadi media yang dapat mengabadikan momen-momen khusus, bersejarah, diplomasi dan hubungan Internasional," kata Ma'ruf Amin saat mengikuti acara peluncuran prangko seri khusus oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kementerian Kominfo luncurkan prangko seri Jokowi-Ma'ruf Amin

Prangko juga memiliki unsur aktualitas atau berkenaan dengan peristiwa yang sedang terjadi di momen tertentu, kata Ma'ruf. Meskipun bentuknya kecil, prangko memiliki makna tentang berbagai fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat, misalnya pandemi COVID-19.

Terkait peluncuran prangko seri penanggulangan COVID-19, Ma'ruf mengatakan hal itu merupakan apresiasi Pemerintah terhadap para tenaga medis yang turut berperan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

"Itu adalah salah satu wujud apresiasi Pemerintah kepada para dokter dan tenaga medis, yang menjadi pejuang garda terdepan di bidang kesehatan dan telah menunjukkan semangat dan integritas tinggi untuk membantu sesama dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini," jelasnya.

Prangko seri artis dan musisi Indonesia juga diluncurkan untuk menghormati karya-karya para seniman yang tetap memproduksi karya hiburan di tengah pandemi COVID-19. Beberapa seniman yang diabadikan dalam prangko tersebut ialah Gesang, Gombloh, Titiek Puspa, God Bless dan Koes Plus.

"Semoga para musisi dapat tetap berkarya dan berkreasi mengobarkan semangat perjuangan termasuk dalam menginspirasi bangsa Indonesia dalam melawan COVID-19," ujar Wapres.

Baca juga: HUT RI, Wapres Ma'ruf kenakan pakaian adat melayu

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Kementerian Kominfo meluncurkan empat seri prangko khusus, yakni Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin, peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, penanggulangan COVID-19 serta artis dan grup musik ternama.

Ma'ruf Amin telah menandatangani sendiri prangko seri presiden dan wapres di Jakarta, Senin (17/8), sesaat sebelum dirinya mengikuti Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

Baca juga: Ma'ruf Amin minta semua WNI hormati HAM

Baca juga: Wapres Ma'ruf hadiri peringatan Hari Konstitusi 2020 secara virtual

Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020