ACT Sumsel salurkan paket pangan ke Desa Saluran

ACT Sumsel salurkan paket pangan ke Desa Saluran

ACT Sumsel menyalurkan 50 paket pangan dari Lumbung Sedekan Pangan ke Desa Saluran Kabupaten Banyuasin bersama puluhan anggota Paguyuban Motor Sriwijaya, Senin (17/8) (ANTARA/HO/2020)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan menyalurkan 50 paket pangan dari Lumbung Sedekah Pangan ke Desa Saluran Kabupaten Banyuasin bersama puluhan anggota Paguyuban Motor Sriwijaya.

Kepala Cabang ACT Sumsel, Deni Marlesi, Rabu, mengatakan paket tersebut disalurkan ke wilayah yang masih kategori desa tertinggal itu bertepatan dengan perayaan 75 Kemerdekaan Indonesia lewat kegiatan Humanity Riding.

"Kemerdekaan yang ke-75 tahun ini menjadi momentum yang ingin kami rayakan bersama masyarakat di Desa Saluran, sebuah desa yang masih tertinggal dari segi kesejahteraan masyarakatnya," ujarnya.

Baca juga: MRI ACT Sulteng gelar peringatan HUT RI di wilayah terpencil Sigi

Menurut dia Desa Saluran menjadi salah satu potret nyata kondisi wilayah di Sumsel yang masih memilukan, setidaknya terlihat dari jalan tanpa aspal yang berlubang dan berlumpur ketika hujan serta belum adanya aliran listrik.

Padahal desa di Kecamatan Talang Kelapa itu terbilang masih dekat dengan Kota Palembang di mana untuk menuju lokasinya hanya butuh waktu satu jam perjalanan, kata dia, oleh karenanya lewat kegiatan Humanity Riding tersebut ia mengajak para bikers untuk turut merasakan perjuangan para warga setempat.

"Humanity Riding ini mengusung tema semangat kemerdekaan, dihadiri oleh lebih dari 50 bikers dari Paguyuban Motor Sriwijaya (PMS) di Sumsel," tambahnya.

Selain membagikan 50 paket pangan, ACT Sumsel dan para bikers juga mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih bersama masyarakat dan murid SD Muhammadiyah 4 (filial) yang menjadi satu-satunya sekolah di desa itu.

"Ada juga kawan-kawan dari komunitas Sriwijaya Membaca dan Sriwijaya Nasa yang mengadakan beragam lomba untuk memeriahkan suasana kemerdekaan di sana," kata Deni menjelaskan.

Baca juga: ACT sediakan Lumbung Sedekah Pangan di Masjid Al Falah Bukittinggi
Baca juga: ACT Sumut salurkan air bersih warga terdampak erupsi Gunung Sinabung
Baca juga: ACT luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Sumbar
Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020