HUT ke-75 RI, KJRI Istanbul beri anugerah Friends of Indonesia

HUT ke-75 RI, KJRI Istanbul beri anugerah Friends of Indonesia

Konsul Jenderal RI Imam As'ari (kiri) menyerahkan penghargaan Friends of Indonesia Award kepada Prof. Yilmaz Aydin (kanan) yang memperkenalkan pencak silat kepada masyarakat Turki sejak tahun 1980 dan telah membentuk Federasi Pencak Silat Turki, dalam rangka Peringatan HUT ke-75 RI di Wisma Indonesia, Istanbul, Senin (17/8/2020). (ANTARA/HO-KJRI Istanbul)

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Istanbul, Turki, untuk pertama kalinya memberikan penghargaan Friends of Indonesia Award kepada seorang warga negara Turki dalam rangka peringatan 75 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia.

Prof. Yilmaz Aydin, penerima anugerah, memperkenalkan bela diri tradisional pencak silat kepada masyarakat Turki sejak tahun 1980 dan saat ini telah membentuk Federasi Pencak Silat Turki.

"Anugerah ini diharapkan dapat semakin mendorong keterlibatan Friends of Indonesia di kawasan Marmara, Turki, dalam memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia," tulis KJRI dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Harapan lain dari pemberian penghargaan itu terkait dengan upaya mempererat hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact) antara warga kedua negara, kata KJRI menambahkan.

Baca juga: Bertemu Erdogan, Wali Kota Risma inspirasi perempuan Turki
Baca juga: Di hadapan WNI di Turki, Risma ceritakan kelucuan Bonek


Penghargaan diberikan secara langsung kepada Aydin pada Senin, 17 Agustus, dalam Perayaan HUT ke-75 RI di Wisma Indonesia, Istanbul, yang digelar secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan di tengah masa pandemi COVID-19.

Pada perayaan itu hadir sebanyak 65 orang undangan yang mewakili diaspora Indonesia, Friends of Indonesia, dan Persatuan Pelajar Indonesia di Istanbul. Upacara pengibaran bendera dilakukan oleh tiga orang pelajar Indonesia.

Konsul Jenderal RI Imam As'ari, yang memimpin upacara pengibaran bendera, serta para undangan mengenakan pakaian tradisional Indonesia dalam kegiatan tersebut.

Di tengah keterbatasan akibat pandemi, sejumlah lomba 17 Agustusan tetap digelar oleh KJRI Istanbul, meskipun kini berubah jenis dan berpindah media perlombaan menjadi lebih banyak dalam bentuk virtual.

"Perlombaan kreasi video 'Cinta Indonesia' diikuti warga diaspora dan Friends of Indonesia dengan pembagian menjadi empat kategori, yaitu video olahan produk Indomie, video TikTok, video HUT RI, dan video cerita tentang Indonesia," kata KJRI.

Baca juga: KBRI Ankara siapkan berbagai kegiatan daring bagi WNI di Turki
Baca juga: Tunjukkan negara hadir, dubes dan konjen "sambangi" WNI di Turki
Pewarta : Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020