HUT ke-75 RI dirayakan di Hongaria di tengah pandemi COVID-19

HUT ke-75 RI dirayakan di Hongaria di tengah pandemi COVID-19

Upacara HUT ke-75 RI di Hongaria berlangsung semarak dengan semua staf KBRI Budapest menggunakan pakaian daerah sebagai bagian dari promosi budaya Indonesia di Hongaria. (HO-KBRI Budapest)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) bersama sejumlah WNI di Hongaria merayakan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

"Dalam situasi sulit saat ini, kita harus lebih merapatkan barisan kita kembali untuk dapat mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui kiprah nyata membantu saudara-saudara kita di tanah air yang terkena dampak COVID-19," kata Duta Besar RI untuk Hongaria, A.H. Dimas Wahab.

Pernyataan itu disampaikan Dubes Dimas Wahab dalam sambutan upacara perayaan peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di Budapest pada Senin (17/8), menurut keterangan tertulis KBRI Budapest yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kegiatan upacara yang digelar KBRI Budapest itu mengundang beberapa warga dan diaspora Indonesia di Hongaria.

Baca juga: KBRI Hongaria Gelar "Indonesian Day"
Baca juga: Anak-anak Hongaria belajar membatik dan bermain congklak


Meski demikian, upacara perayaan dilakukan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan. Semua peserta diwajibkan menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

Upacara dilakukan secara sederhana akan tetapi penuh khidmat. Pesta rakyat yang biasanya meriah kini diubah menjadi perlombaan virtual yakni kompetisi video ucapan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan kegiatan kuis daring berhadiah.

Media sosial kini menjadi sarana utama berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan antarwarga Indonesia di Hongaria sejak pandemi COVID-19.

"Kami senang akhirnya bisa melepas rindu dengan masyarakat Indonesia di Hongaria. Meskipun tidak sebanyak tahun lalu tapi akhirnya bisa berkumpul bersama setelah masa pembatasan pergerakan di Hongaria," ujar salah seorang WNI di Hongaria.

Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Budapest dilaksanakan sesuai dengan peraturan Pemerintah Hongaria yang mengizinkan berkumpulnya massa maksimum 50 orang setelah 15 Agustus 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kelonggaran itu diterapkan karena Hongaria merupakan salah satu dari sedikit negara yang berhasil menekan laju penyebaran COVID-19.

Upacara HUT ke-75 RI di Hongaria berlangsung semarak dengan semua staf KBRI Budapest menggunakan pakaian daerah sebagai bagian dari promosi budaya Indonesia di Hongaria.

Kegiatan upacara dilakukan di dalam ruangan karena hujan lebat, tetapi ketika hujan reda diadakan upacara kenaikan bendera secara terpisah di lapangan terbuka.

Di akhir kegiatan, semua peserta upacara diminta berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing bagi Indonesia dan seluruh jajaran pemerintah dan garda terdepan penanganan COVID-19 agar Indonesia kembali bangkit dan berjaya.

Baca juga: Kolaborasi gamelan jawa seniman asing hipnotis penonton di Hongaria
Baca juga: Indonesia tampilkan seni tradisional di kampus Hongaria
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020