KBRI Canberra adakan upacara HUT RI dengan protokol kesehatan ketat

KBRI Canberra adakan upacara HUT RI dengan protokol kesehatan ketat

Upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan ketat oleh KBRI Canberra di Australia pada Senin (17/8/2020). (HO-KBRI Canberra)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra mengadakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan RI secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan ketat untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Meski dengan segala keterbatasan yang diakibatkan pandemi global COVID-19, hal itu tidak menghilangkan kekhidmatan upacara peringatan detik-detik proklamasi di KBRI Canberra pada 17 Agustus 2020, demikian disampaikan KBRI Canberra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Duta Besar RI untuk Australia Y. Kristiarto S. Legowo bertindak sebagai inspektur upacara yang dilaksanakan pada Senin pagi pukul 09.30 waktu Canberra.

Upacara itu diikuti oleh seluruh staf KBRI Canberra, Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan 20 orang tamu undangan terbatas yang mewakili seluruh elemen masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal di Canberra dan sekitarnya.

Sementara para petugas upacara terdiri dari para siswa TNI yang sedang menempuh pendidikan di Canberra. Sebelum upacara dimulai, seluruh peserta upacara telah melewati prosedur pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan yang berlaku di Australia.

Baca juga: Cuaca sangat panas, upacara kemerdekaan Indonesia di Qatar sore hari
Baca juga: 500 WNI upacara Kemerdekaan Indonesia di Belanda


Berbeda dari tahun sebelumnya, anggota paskibra untuk upacara tahun ini hanya terdiri dari tiga orang sedangkan pada tahun lalu di masa normal, anggota paskibra bisa berjumlah hingga 17 orang.

Setelah upacara peringatan HUT RI usai, KBRI Canberra menggelar acara tambahan, antara lain penyerahan Satyalencana Karya Satya 10 tahun dan 20 tahun kepada tiga staf KBRI yang berhak menerima, penyerahan piagam penghargaan kepada petugas upacara, pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada kepada dua WNI wakil dari masyarakat Indonesia di Australia.

Acara peringatan HUT ke-75 RI itu ditutup dengan ramah tamah sambil makan siang bersama bertempat di Balai Kartini, KBRI Canberra.

Pada pukul 12.45 waktu Canberra, Dubes Kristiarto memimpin seluruh staf KBRI mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 secara virtual yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga: Wajah keberagaman peringati hari kemerdekaan Indonesia di Vatikan
Baca juga: Upacara Hari Sumpah Pemuda di Beijing digelar dalam aula
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020