Belitung,Babel (ANTARA) - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berlangsung khidmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan penangan Covid-19.

"Upacara HUT ke-75 RI tahun ini dalam suasana berbeda karena kita berhadapan dengan pandemi COVID-19," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh, di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, meskipun di tengah pandemi virus Corona baru atau Covid-19 peringatan HUT ke-75 RI harus dimaknai dengan lebih mendalam untuk memperkuat rasa persatuan serta semangat gotong-royong.

"Kita juga harus bertekad untuk membebaskan diri sendiri, bangsa Indonesia dan dunia dari wabah Covid-19 jadi mari kita bersatu-padu dan juga bergotong-royong," ujarnya.

"Mari kita memaknai peringatan hari kemedekaan ini sebagai suatu alat perjuangan selanjutnya untuk membangun bangsa sehingga cita-cita proklamasi untuk mensejahterakan masyarakat secaea adil dan makmur terwujud," katanya.

Dalam upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Belitung, Saleh menjadi inspektur upacara, sementara komandan upacara Kapten Elektronika Fardian dari Pangkalan TNI AU HAS Hanandjoeddin dan bertindak sebagai perwira upacara yakni AKP Lili Solihin.

Sedangkan pengibar bendera adalah Firdanu Eka Akmal asal sekolah SMA Negeri 1 Tanjung Pandan, Rahmawati asal sekolah MAN 1 Belitung dan Frista Montana Linto asal sekolah MAN 1 Belitung.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020