Pengibaran bendera tertinggi di Lanud Ats Bogor pecahkan rekor dunia

Pengibaran bendera tertinggi di Lanud Ats Bogor pecahkan rekor dunia

Sekjen Federasi Aero Sport Indonesia, Marsekal Pertama TNI Basuki Rochmat (ketiga kiri), dan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Maifrizon (ketiga kanan), menunjukkan piagam rekor Museum Rekor Indonesia setelah pemecahanan rekor pengibaran bendera Merah Putih tertinggi di Pangkalan Udara TNI AU Atang Sandjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (17/8/2020). ANTARA FOTO/Yulius S Wijaya

Kemang, Bogor (ANTARA) - Museum Rekor Indonesia mencatat pengibaran bendera Merah Putih di ketinggian 2.020 meter di Pangkalan Udara TNI AU Atang Senjaya, di Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai pemecah rekor dunia.

"Pengibaran bendera (Merah Putih) oleh pilot paramotor dari Federasi Aero Sport Indonesia Paramotor ini mencatat rekor dunia," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto, usai menyaksikan pengibaran bendera oleh delapan pilot paramotor, Senin (17/8).

Penyerahan sertifikat rekor dunia itu dilakukan perwakilan Museum Rekor Indonesia, Djoko Bisowarni, kepada perwakilan pengurus FASI Paramotor dan TROI Foundation atas rekor pengibaran bendera Merah Putih tertinggi dengan paramotor.

Baca juga: Delapan pilot paramotor kibarkan bendera di ketinggian 2.020 meter

Baca juga: Tim Sabang bersiap kibarkan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka


Sementara itu, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Maifrizon, di tempat yang sama, mengapresiasi pemecahan rekor dunia yang dilakukan FASI. "Kegiatan hari ini menjadi sejarah bagi Republik Indonesia, sekali lagi terima kasih kami dari Kemenpora RI mengapresiasi teman-teman," kata Maifrizon.
Pilot paramotor mengibarkan bendera Merah Putih di ketinggian dalam pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di Lanud Atang Sendjaja (ATS), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (17/8/2020). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.

Sekretaris Jenderal FASI, Marsekal Pertama TNI Basuki Rochmat, menyebutkan, delapan pilot paramotor yang terlibat pemecahan rekor dunia masing-masing mengibarkan bendera merah putih yang panjangnya jika dijumlahkan mencapai 17 meter. Posisi bendera berkibar di bawah paramotor mengelilingi Pangkalan Udara TNI AU Atang Sanjaya.

"Mereka sudah punya pengamanan, kalau kondisinya 'emergensi' mereka juga sudah tau bagaimana, karena latihan sudah sejak tiga hari kemarin," tutur pria yang juga menjabat sebagai kepala Pusat Pembinaan Potensi Dirgantara TNI AU.

Ia menyebutkan bahwa terbang di ketinggian 2.020 meter merupakan capaian baru para pilot paramotor.

 
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020