Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, terus mematangkan rencana pembentukan komponen cadangan dan ketahanan pangan matra darat sebagaimana telah diarahkan Kementerian Pertahanan.

Di dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, disebut dia melakukan pertemuan dengan jajaran petinggi TNI AD terkait pelaporan kesiapan rencana pembentukan komponen cadangan dan ketahanan pangan itu. 

Baca juga: Menteri Desa dorong penguatan ketahanan pangan dari desa

Pertemuan itu membahas perencanaan perekrutan dan seleksi, penyiapan kurikulum pendidikan, perencanaan sosialisasi, pengorganisasian komponen cadangan, perencanaan kebutuhan perbekalan hingga pemanfaatan lahan milik TNI AD untuk pertanian.

”Tanah yang dimiliki TNI AD dimana pun bisa dimanfaatkan, tapi yang tidak berbentuk satuan sehingga bisa dikonversi menjadi lahan pertanian dan bisa langsung dikerjakan," kata dia.

Baca juga: Indef: Ketahanan pangan jadi perhatian pemerintah dalam RAPBN 2021

Perkasa memberikan arahan prioritas untuk ketahanan pangan yang digariskan, yakni menanam jagung dan singkong karena termasuk tanaman yang mudah untuk dibudidayakan tanpa harus menunggu proses yang lama.

Pemerintah telah menetapkan kebijakan tentang kemandirian bangsa di bidang pangan dengan cara membuat lumbung-lumbung pangan di berbagai kawasan Indonesia. 

Pewarta: Boyke Watra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020