Penutupan jalur dilakukan sebagai upaya antisipasi macet total parah di Jalur Puncak karena volume kendaraan menuju Puncak-Bogor meningkat tajam dan antrean sudah terjadi di wilayah hukum Polre Bogor. Penutupan sudah dilakukan sejak sore
Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, menutup jalur menuju Cipanas-Puncak akibat macet total yang terjadi di Jalur Puncak-Bogor, sejak sore hingga malam menjelang dengan ekor antrean mencapai puluhan kilometer.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawati saat dihubungi, Minggu, mengatakan antrean panjang sudah terlihat sejak sore menjelang, namun kendaraan masih dapat melaju meskipun tersendat.

Hingga malam menjelang antrean terus memanjang dengan laju kendaraan terhenti selama beberapa menit, sehingga menyebabkan macet total.

"Penutupan jalur dilakukan sebagai upaya antisipasi macet total parah di Jalur Puncak karena volume kendaraan menuju Puncak-Bogor meningkat tajam dan antrean sudah terjadi di wilayah hukum Polres Bogor. Penutupan sudah dilakukan sejak sore," katanya.

Selama jalur menuju Cipanas-Puncak ditutup pihaknya mengarahkan pengendara dengan tujuan Bogor dan Jakarta untuk mengunakan jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi, hingga macet total di jalur Puncak kembali normal.

"Kami akan kembali membuka jalur setelah antrean di Puncak mencair," katanya.

Sementara itu ratusan kendaraan bernopol Jabodetabek yang terjebak selama enam jam di Jalur Cipanas-Puncak, memilih untuk memarkir kendaraanya di sejumlah tempat peristirahatan yang banyak terdapat disepanjang jalur tersebut.

Sebagian besar pengemudi memilih beristirahat meskipun satu jalur sudah diberlakukan mulai dari depan Istana Cipanas, namun belum dapat mencairkan antrean.

"Sudah hampir enam jam, kami terjebak di jalur Cipanas, kami hendak pulang ke Jakarta setelah berlibur. Kami tidak menyangka akan terjebak selama ini, biasanya kalau sudah sistem satu arah jalur kembali normal," kata Adit pengendara asal Jakarta Pusat.

Baca juga: BPBD imbau penguna jalan waspada saat melintas Jalur Cipanas-Puncak

Baca juga: Antisipasi macet total, Jalur Puncak ke Bogor diterapkan satu arah

Baca juga: Pemkab Cianjur bangun Puncak II tahun 2021


 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020