Seoul (ANTARA News/Reuters) - Pencetak gol jitu, Ahn Jung-hwan, yang kerap memberi hasil bagi Korea Selatan dalam event terbesar, ditawari untuk bermain dalam Piala Dunia.

Pelatih nasional Huh Jung-moo mengatakan kepada media setempat, pemain berusia 33 tahun Ahn, yang gol-golnya membantu Korsel melaju ke semifinal Piala Dunia 2002, mungkin ambil bagian dalam putaran final 2010.

Huh juga mengatakan penyerang tengah Lee Chun-soo, pemain Korsel lainnya dalam Piala Dunia 2002, juga ada dalam pikirannya dan mungkin masuk tim untuk bermain di Afrika Selatan.

"Ahn Jung-hwan dan Lee Chun-soo tidak akan diabaikan," kata Huh seperti dikutip Ilgan Sports, Kamis.

"Mereka punya banyak pengalaman. Pemain tersebut adalah aset spesial bagi sepak bola Korea. Mereka adalah pemain yang bisa menyesuaikan diri dan menjalankan perannya meskipun mereka dipanggil belakangan.

Huh menambahkan, "Mereka masih dalam daftar cadangan (untuk Piala Dunia)."

Ahn sangat dikenal sebagai pencetak gol emas yang menyingkirkan Italia dari Piala Dunia 2002, mendorong presidan klubnya di Italia Perugia mengancam akan memecatnya.

Permintaan maaf menyusul tetapi Ahn, yang mencetak 17 gol dalam 68 penampilan bagi Korsel, menolak kembali ke Italia dan sejak itu bermain di Jepang, Prancis dan Jerman.

Ia saat ini bermain untuk klub China Dalian Shide tetapi sering diabaikan oleh negaranya sejak Piala Dunia 2006, tempat ia mencetak gol kemenangan saat memenangi pertandingan pertama 2-1 atas Togo.

Lee, yang sebelumnya main bagi Real Sociedad dan Feyenoord, bermain untuk klub Saudi Al-Nassr.

Korsel ditempatkan bersama Argentina, Nigeria dan Yunani dalam Grup B pada Piala Dunia 2010.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009