Calon mahasiswa baru UI dinyatakan mengundurkan diri apabila pada tanggal 26 Agustus 2020 belum menyelesaikan tahap I sampai dengan tahap III
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menerima sebanyak 1.678 calon mahasiswa baru melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) pada tahun akademik 2020/2021.

"Pengumuman telah dapat dilihat pada Jumat (14/8) melalui situs http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau http://sbmptn.ui.ac.id," kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia dalam keteranga di Depok, Jumat.

Para calon mahasiswa baru UI tersebut berhasil unggul di antara 54.897 total peserta yang memilih UI pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020.

Pada tahun 2020, kata dia, pendaftar program studi (prodi) bidang saintek adalah sebanyak 21.327 orang, dengan jumlah pendaftar tertinggi pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter.

Sementara itu, total pendaftar prodi bidang sosial humaniora (soshum) sebanyak 33.570 orang, dengan jumlah pendaftar tertinggi pada Ilmu Hukum.

Pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) di UI berjumlah 5.763 orang, yang terdiri atas 1.966 pendaftar pada prodi bidang saintek dan 3.797 pendaftar pada prodi bidang soshum.

Amelita mengatakan bagi peserta UTBK-SBMPTN 2020 yang telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa UI, dapat segera melakukan, pertama, pengisian data dan pra-registrasi, kedua konfirmasi pilihan kelas permohonan mekanisme pengajuan pembayaran. Ketiga, embayaran biaya pendidikan dan keempat registrasi akademik.

Ia menjelaskan pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2020 calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan tahap I sampai dengan tahap III, yakni konfirmasi atas pilihan kelas pengajuan pembayaran, pra registrasi dan melakukan pembayaran) akan diregistrasikan sebagai mahasiswa baru.

"Calon mahasiswa baru UI dinyatakan mengundurkan diri apabila pada tanggal 26 Agustus 2020 belum menyelesaikan tahap I sampai dengan tahap III," demikian Amelita Lusia.

Baca juga: Pelaksanaan UTBK UI terapkan protokol kesehatan yang ketat

Baca juga: 1.423 peserta ikuti ujian SIMAK UI secara daring

Baca juga: UI loloskan 2.291mahasiswa baru dari SBMPTN

Baca juga: UI terima 1.636 mahasiswa baru melalui jalur prestasi akademik

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020