Denpasar (ANTARA) - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bertemu "youtuber" Tina Bule asal Rumania yang akan membuat beberapa konten video yang berkaitan dengan upaya mempromosikan pariwisata Bali yang mengalami keterpurukan di tengah pandemi COVID-19.

"Kami menyampaikan terima kasih atas fasilitasi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni untuk mendatangkan Tina Bule. Kami sependapat saat ini kelompok milenial yang punya dunia, jadi cara penyampaian dengan gaya milenial tentu akan lebih didengar," kata Wagub yang akrab dipanggil Cok Ace itu saat menerima kedatangan Tina Bule, di Denpasar, Kamis.

Video-video itu nantinya akan di-"share" melalui channel YouTube "Mba Tina Bule" yang saat ini telah memiliki lebih dari 260 ribu subscriber.

Wagub Bali yang juga menjabat sebagai Ketua PHRI Bali itu berpandangan ini kesempatan baik bagi Pulau Dewata.

Kepada Tina Bule, ia menginformasikan bahwa saat ini Bali masih fokus pada wisatawan domestik (Wisdom). Untuk itu, ia berharap konten yang nantinya digarap oleh youtuber asal Rumania ini lebih menonjolkan objek yang sesuai dengan selera wisatawan domestik.

Baca juga: Dorong pariwisata dalam negeri, Luhut mau "bule" bisa kerja dari Bali

"Biasanya wisatawan domestik lebih menyukai suasana pesisir. Suasana pedesaan juga bisa diangkat karena masyarakat saat ini membutuhkan udara segar," ujar Cok Ace didampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi (BARI) Daerah Bali I Made Gunaja dan Kabid Publikasi dan Dokumentasi Diskminfos Bali I Gusti Ngurah Wiryanata itu.

Kepala BARI Provinsi Bali Gede Gunaja mendukung langkah Kemendagri dengan menggandeng seorang youtuber. Ia berharap, promosi melalui channel youtube mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Dewata.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni mengatakan kedatangannya ke Bali bersama Tina Bule merupakan instruksi langsung dari Mendagri Tito Karnavian terkait dengan upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata yang terpuruk karena pandemi COVID-19.

Bali dipilih menjadi salah satu daerah yang dipromosikan karena menyabet dua penghargaan pada Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman dari COVID-19 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri. Salah satunya, Juara I pada kategori sektor/kluster pasar tradisional.

Oleh sebab itu, Kemendagri menggandeng Tina Bule untuk membantu promosi Bali melalui channel youtube yang dikelolanya. "Sekarang ini era digital, cara-cara milennial akan lebih efektif dalam melakukan promosi. Lagipula dia ini kan bule, jadi kita harap pesannya bisa tersampaikan secara lebih luas,” ucapnya.

Terkait dengan pengambilan video, ia berharap Pemprov Bali memberikan rekomendasi terkait objek yang perlu diangkat dan dipublikasikan. "Manfaatkan ini untuk lebih mempromosikan budaya, alam dan keunikan Bali," ucapnya.

Baca juga: Konser musik 'drive-in' siap diselenggarakan di Ubud Bali

Menanggapi yang disampaikan Wagub Bali, Tina Bule yang didampingi sang suami Bayu Hadi Surya sangat berharap bisa membantu pemulihan sektor pariwisata Bali yang terpuruk di tengah pandemi COVID-19.

Perempuan yang memiliki nama asli Cristina ini akan berusaha membuat konten-konten menarik tentang Bali. Dalam proses pengambilan gambar, ia akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020