Jakarta (ANTARA) - Jajaran Grup-3 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat mencanangkan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) untuk Tahun Anggaran 2020.

Pencanangan zona integritas itu ditandai dengan penandatangan pencanangan pembangunan Zona Integritas Grup-3 Kopassus dan penandatanganan Fakta Integritas oleh Komandan Grup-3 Kopassus Letnan Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan, di Grup-3 Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa.

Selain Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan, Komandan Batalyon-31 Grup-3 Kopassus Mayor Inf Dhanang Agus Setiawan, Komandan Batalyon-32 Grup-3 Kopassus Mayor Inf M Benrieyadin dan Wakil Komandan Batalyon-33 Mayor Inf Yanto Hotman Parlindungan juga menandatangani fakta integritas.

Baca juga: Kopassus berikan bantuan pada Komunitas Papua terdampak COVID-19

Komandan Grup-3 Kopassus Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan dalam sambutannya mengatakan pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi di lingkungan Grup 3 Kopassus ini merupakan bentuk kesungguhan Kopassus serta komitmen TNI AD dalam mencegah terjadinya praktik korupsi serta mewujudkan reformasi birokrasi yang akuntabel.

Penerapan zona bebas korupsi ini, kata dia, adalah salah satu format yang tepat untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa TNI-AD terutama di satuan Grup-3 Kopassus.

Adapun tiga fokus sasaran yang dilaksanakan dalam reformasi birokasi, lanjut Elvino, adalah terwujudnya peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, terwujudnya pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta terwujudnya peningkatan pelayanan publik.

Sedangkan untuk mewujudkan WBK/WBBM, Grup-3 Kopassus memiliki tahapan dasar pembangunan Zona Integritas. Pertama, terbentuknya komitmen antara pimpinan dan seluruh anggota dalam pelibatan pelaksanaan reformasi birokrasi dengan menularkan semangat visi yang sama.

Baca juga: Kepala BNPT: Bantuan Kopassus dalam penanganan terorisme efektif

Kedua, memberikan kemudahan pelayanan dengan menyediakan fasilitas yang lebih baik dan semangat hospitality atau keramahan untuk kepuasan publik.

Ketiga, dengan melaksanakan program yang menyentuh masyarakat melalui kegiatan program Teritorial dan Kesehatan Grup-3 Kopassus sehingga satuan kerja Grup-3 Kopassus dekat dengan masyarakat dan Kopassus.

Keempat, melaksanakan monitoring masyarakat dan evaluasi yaitu dengan pemantauan merasakan kehadiran satuan kerja Grup-3 yang berkelanjutan sesuai dengan program satuan kerja Grup-3 Kopassus untuk memastikan bahwa program yang sedang dijalankan tetap pada jalur yang direncanakan.

Kelima, menetapkan strategi manajemen media sebagai sarana komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi yang telah dilakukan oleh satuan kerja Grup-3 Kopassus diketahui oleh masyarakat.

"Oleh sebab itu, saya mengajak kepada setiap prajurit dan PNS Grup 3 Kopassus untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya, dengan tidak melanggar nilai-nilai Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan aturan yang berlaku," ujar Elvino.

Dia juga memerintahkan kepada Komandan Satuan jajaran Grup 3 Kopassus agar mengawasi pelaksanaan tugas bawahannya secara terus menerus.

"Tingkatkan pengendalian dan pengawasan program yang dilaksanakan," tuturnya.

Baca juga: Kopassus gelar HUT ke-68 di tengah wabah COVID-19

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020