Risma sebut Kementerian PUPR bantu bangun akses menuju GBT Surabaya

Risma sebut Kementerian PUPR bantu bangun akses menuju GBT Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat inspeksi ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Sabtu (8/8/2020). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membantu pembangunan akses jalan baru menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya menjelang Piala Dunia U-20 yang digelar pada 2021.

"Sebetulnya kita maunya dikerjakan sendiri, tapi karena hambatannya COVID-19, sehingga keuangan kita juga terbatas," kata Wali Kota Risma saat inspeksi ke Stadion GBT, Sabtu.

Menurut Risma, pihaknya sudah mendatangi Kementerian PUPR di Jakarta pada Jumat (7/8). Hasil dari kunjungan tersebut, lanjut dia, Kementerian PUPR siap membantu akses jalan baru tersebut.

Baca juga: Risma usulkan pembangunan akses jalan baru menuju Stadion GBT

Jika terealisasi, lanjut dia, maka jalan baru tersebut nantinya bisa juga dimanfaatkan sebagai akses menuju Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

"Kita mengajukan untuk akses jalan ini yang dari selatan. Kemarin bayangan saya, selatan semampu kita, kita kerjakan. Tapi ternyata kemarin dari Kementerian PUPR dan Pak Presiden menyampaikan akan dibantu untuk akses jalan," ujarnya.

Selain itu, Risma memastikan progres perbaikan Stadion GBT beserta fasilitas pendukungnya bisa segera rampung sebelum digelarnya Piala Dunia U-20 pada 2021.

Baca juga: Ketua Umum PSSI tinjau Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Menurutnya, masih ada beberapa perbaikan fasilitas di Stadion GBT yang harus diselesaikan. Namun, pada prinsipnya, semua progres pekerjaan sudah sesuai dengan standar yang ditentukan FIFA (Federation Internationale de Football Association).

"Kita masih belum (selesai), teman-teman masih harus ngelembur. Masih ada beberapa yang kurang, meskipun yang prinsip-prinsip dari FIFA sudah kita penuhi," katanya.

Baca juga: Risma pimpin penanaman seribu pohon di GBT sambut Piala Dunia U-20

Meski demikian, kata dia, pihaknya memastikan perbaikan fasilitas di Stadion GBT bisa rampung 100 persen sebelum pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 itu digelar. Bahkan di pertengahan bulan Agustus, tempat duduk penonton mulai dipasang.

Sedangkan untuk ruangan khusus pemain serta ruang media massa, saat ini sudah rampung. Namun, Wali Kota Risma menyebut ada permintaan lagi dari FIFA agar menyediakan ruangan khusus untuk mereka.

"Kemarin ada permintaan FIFA ini mau saya selesaikan, ruangannya untuk mereka punya ruangan sendiri," katanya.

Baca juga: Perencanaan penataan Stadion GBT Surabaya dibantu British Council
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020