Tiga nelayan hilang di Pasangkayu ditemukan selamat

Tiga nelayan hilang di Pasangkayu ditemukan selamat

Tim Rescue Basarnas bersama unsur SAR lainnya saat mengevakuasi tiga nelayan yang sebelumnya dilaporkan hilang di wilayah perairan Sarudu Kabupaten Pasangkayu. Ketiga nelayan yang sebelumnya dilaporkan hinga itu akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat. (ANTARA/HO/Kantor Basarnas Mamuju)

Mamuju (ANTARA) - Tiga nelayan yang dilaporkan hilang di wilayah perairan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mamuju Saidar Rahmanjaya, Sabtu mengatakan, ketiga nelayan tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan selamat setelah terombang-ambing di laut akibat perahu mereka sempat terbalik akibat cuaca buruk di tengah laut.

"Ketiga nelayan yang sebelumnya dilaporkan hilang berhasil ditemukan kemarin (7/8)) dalam kondisi selamat. Ketiganya ditemukan terpisah akibat salah satu perahu mereka sempat terbalik sehingga terbawa arus akibat cuaca buruk," terang Saidar Rahmanjaya.

Ketiga nelayan yang sebelumnya dilaporkan hilang dan akhirnya ditemukan selamat tersebut, yakni Tindarus (70), Fadila (21) dan Herman (36).

Ia menyampaikan bahwa nelayan yang pertama kali ditemukan, yakni Herman (36) yang ditemukan di Perairan Tikke dengan jarak 18 nautical mile dari lokasi awal diduga hilangnya nelayan tersebut, pada Jumat sore (7/8) sekitar pukul 16. 30 WITA.

"Nelayan yang pertama ditemukan, yakni Herman di perairan Tikke sekitar 18 nautucal mile dari lokasi awal diduga hilangnya nelayan itu," ujar Saidar Rahmanjaya.

Baca juga: BPBD Pati masih melakukan pencarian nelayan hilang di Perairan Tayu

Baca juga: Nelayan hilang di perairan Selat Bunaken ditemukan tim SAR meninggal


Kemudian lanjut Saidar Rahmanjaya, dua nelayan lainnya, yakni Tindarus dan Fadila juga ditemukan dalam kondisi selamat pada pukul 17. 30 WITA atau satu jam setelah Herman ditemukan di sekitar perairan Pasangkayu atau sekitar 35, 84 nautical mile dari lokasi diduga hilangnya ketiga nelayan tersebut.

"Ketiga nelayan itu sudah kami evakuasi dan serahkan ke keluarga mereka. Dengan ditemukannya ketiga nelayan itu maka operasi pencarian terhadap tiga nelayan hilang tersebut dihentikan," ujar Saidar Rahmanjaya.

Ketiga nelayan tersebut sebelumnya dilaporkan hilang oleh Kepala Desa Sarudu ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mamuju, pada Kamis (6/8) sekitar pukul 14. 00 WITA pergi melaut menggunakan dua perahu dan hingga Jumat malam (7/8) tidak kembali.

Setelah menerima laporan hilangnya ketiga nelayan tersebut, Kantor Basarnas Mamuju pada Jumat dinihari sekitar pukul 01.15 WITA langsung memberangkatkan satu tim rescue ke Kabupaten Pasangkayu yang berjarak 185 kilometer dari Kabupaten Mamuju.

Tim Rescue Basarnas Mamuju bersama personel Polres Pasangkayu, BPBD Pasangkayu dibantu masyarakat setempat selanjutnya melakukan penyisiran di wilayah perairan Sarudu untuk mencari ketiga nelayan yang dilaporkan hilang tersebut dan pada Jumat sore (7/8) ketiga berhasil ditemukan terpisah dalam kondisi selamat.

Baca juga: Basarnas nyatakan tiga nelayan di Pasangkayu-Sulbar hilang

Baca juga: Nelayan hilang di Mamuju Tengah ditemukan meninggal

 
Pewarta : Amirullah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020