sampai saat ini mencapai 429 orang sejak kasus ini pertama kali ditemukan
Palangka Raya (ANTARA) - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Murni D Djinu mengatakan jumlah akumulasi pasien sembuh dari infeksi  COVID-19 di kota itu mencapai 429 orang.

"Jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Palangka Raya sampai saat ini mencapai 429 orang terhitung kasus sejak kasus ini pertama kali ditemukan di kota ini," kata Murni di Palangka Raya, Kamis.

Baca juga: Sejumlah 100 pasien COVID-19 di Palangka Raya dinyatakan sembuh

Angka tersebut merupakan data yang berhasil dihimpun oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya hingga Rabu (5/8) pukul 19.00 WIB.

Dia mengatakan untuk warga Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yang terkonfirmasi positif COVID-19 kasus pertama pada Mei hingga saat ini tercatat 688 kasus setelah terjadi penambahan 13 kasus positif pada Rabu lalu.

Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada, tercatat jumlah kematian pasien sebanyak 46 orang, sehingga tingkat kematian dari seluruh kasus positif mencapai angka 6,69 persen.

Baca juga: Palangka Raya segera terapkan sanksi pelanggar protokol kesehatan

Berdasar data yang sama, di wilayah "Kota Cantik" saat ini masih tercatat sebanyak 213 orang berstatus positif dalam perawatan dan 176 orang berstatus suspek COVID-19.

Data tersebut berhasil dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya mencakup lima kecamatan yang mencakup 32 kelurahan. Bertambahnya kasus COVID-19 tersebut menurut Murni juga bentuk keberhasilan tim kesehatan dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Palangka Raya capai 370 orang

Baca juga: Total warga positif COVID-19 di Palangka Raya capai 601 orang


Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun mengajak masyarakat di wilayah "Kota Cantik" untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

"Selalu jaga jarak minimal satu hingga dua meter dan selalu gunakan masker. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Hindari kerumunan dan selalu taati arahan dan anjuran pemerintah," katanya.

Baca juga: Satu kecamatan di Palangka Raya mampu pertahankan zona hijau COVID-19

 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020