Pada kurban tahun ini, Dompet Dhuafa dapat meningkatkan pencapaian penghimpunan kurban
Jakarta (ANTARA) - Realisasi tingkat penghimpunan dana kurban melalui Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa pada tahun ini secara nasional mencapai sebesar Rp76,9 miliar atau meningkat 60 persen dibandingkan tahun lalu.

Ketua THK Dompet Dhuafa periode 2020 Zainal Abidin Sidik di Jakarta, Rabu mengatakan, raihan tersebut tak luput dari hadirnya beberapa pilihan pembayaran kurban secara online atau memanfaatkan channel aplikasi digital.

Baca juga: Dompet Duafa Kepri-AS serahkan APD untuk Puskesmas di Batam

Adanya kemudahan akses dan pilihan variatif kurban online, sehingga mendongkrak penghimpunan.

Selain itu, lanjutnya, Dompet Dhuafa cabang mengalami peningkatan pencapaian perolehan dana kurban secara keseluruhan mencapai Rp16,7 miliar dengan pertumbuhan 177 persen, seiring dengan bertambahnya jaringan Dompet Dhuafa di dalam negeri dan luar negeri.

"Pada kurban tahun ini, Dompet Dhuafa dapat meningkatkan pencapaian penghimpunan kurban," katanya melalui keterangan tertulis.

Semantara itu, untuk jumlah hewan kurban yang terhimpun pada periode 1441H/2020M, sebanyak 42.126 ekor setara domba/kambing atau naik 71 persen dibandingkan 2019.

"Pada tahun ini Dompet Dhuafa dapat melampaui target penghimpunan hewan kurban, yang sebelumnya telah ditentukan yaitu 45.000 setara domba/kambing secara nasional," katanya.

Menurut Zainal, dari raihan angka tersebut, tim THK Dompet Dhuafa telah mendistribusikan daging kurban kepada lebih dari 2 juta penerima manfaat, yang sudah terdata secara rinci di 33 provinsi dan 200 kabupaten atau kota di Indonesia, khususnya wilayah terpencil, tertinggal, terpelosok hingga wilayah bencana.

Tahun ini, berkurban di Dompet Dhuafa dapat menggunakan pembayaran kurban melalui aplikasi WhatsApp Pay berbasis virtual account.

Inovasi tersebut sebagai wujud kemudahan dan akses yang terjangkau bagi donatur atau pekurban.

Melalui ponsel pintar, berbagai layanan seperti WhatsApp Pay, e-commerce dan lainnya, donatur tidak perlu menunggu lama dalam proses pembayaran donasinya.

Baca juga: Dompet Dhuafa tingkatkan layanan rumah singgah bagi pasien duafa

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020