Pemkot akan canangkan Mataram menuju zona hijau COVID-19

Pemkot akan canangkan Mataram menuju zona hijau COVID-19

Anggota Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Mataram sekaligus Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan mencanangkan "Mataram menuju zona hijau COVID-19", sebagai bentuk ikhtiar pencegahan penyebaran COVID-19 lebih masif sekaligus menurunkan angka kasus positif baru COVID-19 di kota itu.

"Rencana pencanangan Mataram menuju zona hijau COVID-19, akan dilaksanakan pada puncak HUT Kota Mataram pada 31 Agustus 2020," kata Anggota Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Mataram sekaligus Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor di Mataram, Senin.

Dikatakan, rencana penanganan Mataram menuju zona hijau COVID-19 itu juga merupakan tindak lanjut dari pencanangan yang telah dilakukan di setiap kecamatan se-Kota Mataram.

"Jadi hari ini, enam kecamatan se-Kota Mataram telah mendeklarasikan program 'kecamatan menuju zona hijau COVID-19'," katanya.

Baca juga: BPJS Kesehatan Mataram verifikasi 682 kasus COVID-19
Baca juga: Masjid IC Mataram adakan Shalat Idul Adha sesuai protokol COVID-19

Menurutnya, langkah konkret yang dilaksanakan masing-masing kecamatan setelah mendeklarasikan "kecamatan menuju zona hijau COVID-19" adalah memaksimalkan program penanganan COVID-19 berbasis lingkungan (PCBL).

"Melalui berbagai inovasi, para camat berkomitmen mewujudkan Mataram menuju zina hijau COVID-19, bersinergi dengan program kampung sehat," katanya.

Selain itu, dilaksanakan dengan berbagai program memacu serta meningkatkan perekonomian masyarakat yang terdampak COVID-19, agar semua program bisa berjalan seimbang.

"Karena itu, mari kita bersama-sama berkomitmen menurunkan angka kasus positif COVID-19, dengan berbagai upaya pencegahan dan mentaati protokol COVID-19," katanya.

Baca juga: Kembali, jenazah pasien COVID-19 dijemput paksa di RSUD Mataram
Baca juga: Polresta Mataram gagalkan pengambilan paksa jenazah COVID-19

Mahfuddin menambahkan, dengan deklarasi kecamatan dan rencana pencanangan  Mataram menuju zona hijau COVID-19, bukan berarti Mataram sudah zona hijau.

"Untuk menjadi zona hijau COVID-19, perlu melakukan ikhtiar bersama melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 secara masif," katanya lagi.

Berdasarkan data dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa menyebutkan, dari 50 kelurahan yang ada, saat ini tercatat ada 4 kelurahan yang sudah berstatus zona hijau COVID-19. Empat kelurahan itu adalah, Kelurahan Gomong, Dasan Agung Baru, Mandalika dan Kelurahan Karang Taliwang.

Baca juga: Pemkot Mataram jaga ketat pintu masuk cegah penyebaran COVID-19
Baca juga: KPU Mataram pastikan petugas coklit data pemilih bebas COVID-19


 
Pewarta : Nirkomala
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020