PLN NTT latih puluhan pelaku UKM Sumba Timur tentang pemasaran digital

PLN NTT latih puluhan pelaku UKM Sumba Timur tentang pemasaran digital

Sejumlah peserta pelatihan sedang mengikuti kegiatan pelatihan sablon dan pemasaran digital yang dihadirkan PT PLN (Persero) UIW NTT bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dan Lembaga Kursus dan Pelatihan Anugerah Anak Sumba. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur melatih puluhan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Desa Pambotanjara yang berada di sekitar objek wisata Bukit Wairinding, Kabupaten Sumba Timur, mengenai pemasaran produk usaha secara digital.

"Pemberian pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi pelaku UKM terutama kalangan milenial guna meningkatkan produktivitas perekonomian mereka di tengah pandemi COVID-19 ini," kata General Manager PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin.

Ia menyebutkan sedikitnya ada 20 pelaku UKM yang mengikuti kegiatan pelatihan selama beberapa hari yang dihadirkan melalui kerjasama PLN dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dan Lembaga Kursus dan Pelatihan Anugerah Anak Sumba.

Baca juga: NTT dapat bantuan sambungan listrik gratis untuk 4.143 KK

Selain pelatihan pemasaran digital, lanjut dia, warga juga diberikan pelatihan sablon.

Agutinus mengatakan pelatihan ini sebagai bagian dari kepedulian PLN untuk menghidupkan sektor ekonomi potensial yang dikerjakan masyarakat di sekitar objek wisata Bukit Wairinding, Sumba Timur.

"Mereka dilatih bagaimana menyiapkan produk yang baik dan bernilai jual serta pemasarannya secara digital memanfaatkan teknologi informasi yang ada," katanya.

Baca juga: PLN NTT alirkan listrik untuk 150 KK di Desa Tuamese

Ke depan, kata dia, pihaknya bersama tim dari lembaga pelatihan setempat akan terus memantau aktivitas produksi UKM yang dilatih sehingga menjadi mitra binaan PLN.

"UKM-UKM ini diharapkan bisa optimal menerapkan apa yang mereka dapat dalam pelatihan sehingga mampu menghasilkan produk dan memasarkannnya sendiri secara digital," katanya.

Ia menambahkan selain di Sumba Timur, pihaknya juga segera melakukan pelatihan serupa untuk warga desa wisata Ratenggaro, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Baca juga: Marwan Jafar dukung digitalisasi hulu ke hilir dorong UMKM naik kelas

Sementara itu, Kepala Desa Pambotanjara, Anton Radandima mengapresiasi pihak PLN yang menghadirkan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dalam usaha sablon serta pemasaran digital.

"Tentu pelatihan ini sangat berguna bagi warga kami yang selama ini memiliki potensi usaha namun belum berkembang secara baik," katanya.

Ia berharap ke depan puluhan pelaku UKM setempat juga didampingi secara berkelanjutan agar usaha yang dikerjakan bisa berkembang pesat untuk meningkatkan kesejahteraan.
Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020