Antisipasi macet total, Jalur Puncak ke Bogor diterapkan satu arah

Antisipasi macet total, Jalur Puncak ke Bogor diterapkan satu arah

Menjelang malam Polres Cianjur, Jawa Barat, menerapkan sistem satu arah menuju Bogor mulai dari Pasar Cipanas guna menghindari macet total seiring tingginya volume kendaraan yang masuk jalur utama Puncak, Minggu (2/9) (Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor mulai dari Pasar Cipanas Indah hingga pintu Tol Ciawi sebagai upaya antisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan yang keluar dari tempat wisata di wilayah Puncak-Cipanas.

Pantauan hingga malam menjelang antrean kendaraan di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, mulai mengular dengan laju kendaraan tersendat, bahkan di sejumlah titik rawan macet seperti di Jalan Raya Pacet hingga Pasar Cipanas dan pertigaan Kebun Raya Cibodas hingga Hanjawar, laju kendaraan sempat terhenti selama beberapa menit.

Puluhan petugas Satlantas Polres Cianjur berupaya melakukan rekayasa arus dengan mengarahkan pengguna jalan untuk mengambil jalur alternatif guna menghindari terjadinya macet total di jalur utama Puncak-Cipanas terutama setelah tempat wisata yang ada tutup.

Baca juga: Jalur Puncak-Cipanas macet total setiap akhir pekan

Baca juga: Kemacetan makin parah, diserukan segera bangun Jalur Puncak II

"Sejak siang hingga sore menjelang volume kendaraan meningkat dari arah Bogor menuju Puncak-Cipanas, sebagian besar bertujuan ke tempat wisata yang ada seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara, menjelang sore antrean mulai terlihat karena volume kendaraan kembali meningkat," kata Erwin, petugas Satlantas Polres Cianjur Minggu.

Ia menjelaskan sebelum diberlakukan sistem satu arah pihaknya sempat melakukan sejumlah rekayasa arus karena menjelang siang sempat terjadi antrean menuju dan keluar tempat wisata, pengguna jalan diarahkan untuk memutar agar antrean tidak bertambah panjang.

Sedangkan menjelang malam antrean mulai terlihat memanjang menuju Bogor, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan sistem satu arah guna menghindari macet total di Jalur Puncak. Namun beberapa puluh menit satu arah diberlakukan, belum dapat mencairkan antrean.

"Menjelang malam antrean akan mencair karena menjelang sore hal yang sama terjadi di jalur Puncak-Bogor, sehingga sistem satu arah akan diterapkan hingga beberapa jam ke depan, hingga antrean mencair dan jalur kembali normal," katanya.

Baca juga: Pengguna jalan terjebak 12 jam di Ciawi-Cianjur akibat macet
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020