Sepekan, kegiatan Menteri Nadiem hingga Ajip Rosidi meninggal

Sepekan, kegiatan Menteri Nadiem hingga Ajip Rosidi meninggal

Mendikbud Nadiem Makarim dalam kunjungan ke sejumlah sekolah di Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/7/2020). ANTARA/Katriana/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan, mulai dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meninjau pelaksanaan pembelajaran jarak jauh hingga sastrawan Ajip Rosidi meninggal dunia.

1. Menteri Pendidikan tinjau pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di Bogor

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengunjungi beberapa sekolah di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk meninjau pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, Kamis (30/7).

Nadiem mengunjungi SDN Polisi 1 Kota Bogor, Sekolah Regina Pacis Kota Bogor, SMP Al Ghazaly, SMK Ma'arif Kabupaten Bogor, dan SMP Muhammadiyah Bogor untuk memantau kegiatan belajar secara daring dan luring di sekolah-sekolah yang berada di zona kuning penularan COVID-19 di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

2. Stasiun Geofisika Banjarnegata pantau fenomena embun upas di Dieng

Stasiun Geofisika Banjarnegara, Jawa Tengah terus memantau fenomena embun upas atau embun beku yang muncul di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng guna memperoleh data pengamatan cuaca yang akurat.

"Beberapa hari yang lalu muncul embun upas di Dieng sehingga kami terus memantaunya guna melakukan observasi dan penyebarluasan informasi kepada para pemangku kebijakan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Rabu (29/7).

3. Sastrawan Ajip Rosidi berpulang

Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi berpulang dalam usia 82 tahun, Rabu (29/7), sekitar pukul 22.30 WIB dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Betul, saya sedang 'ke sana ke mari' (mengurus segala sesuatu, red.) ini," kata salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, yang dihubungi melalui telepon di Magelang, Rabu malam.

4. Enam camat di Pati positif COVID-19

Sebanyak enam camat di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 setelah mengikuti tes PCR (polymerase chain reaction) atau tes usap tenggorokan.

Bupati Pati Haryanto ketika dimintai konfirmasinya terkait adanya enam camat yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Pati, Rabu (29/7), membenarkan hal tersebut.

5. Pasien COVID-19 di Kota Sorong kabur dari rumah sakit

Seorang wanita pasien positif COVID-19 melarikan diri dari Rumah Sakit Umum Daerah Sele be Solu, Kota Sorong meninggalkan anaknya yang masih bayi pada Kamis (29/7).

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, warga kota Sorong yang diketahui berinisial NP baru saja melahirkan dan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium positif terinfeksi virus corona. Namun, tanpa sepengetahuan tenaga medis yang bersangkutan meninggalkan rumah sakit dan tidak diketahui keberadaannya.
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020