Kementerian Kesehatan Arab Saudi selesaikan persiapan Hari Arafah

Kementerian Kesehatan Arab Saudi selesaikan persiapan Hari Arafah

Sejumlah jamaah menjaga jarak sosial saat melakukan tawaf mengelilingi ka'bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi (29/7/2020). ANTARA/REUTERS/HO-Saudi Ministry of Media/aa.

Mekkah (ANTARA) -
Kementerian Kesehatan Arab Saudi pada Kamis telah menyelesaikan persiapan untuk menyediakan perawatan medis bagi para jamaah haji yang akan bermalam di Gunung Arafah.

Fasilitas kesehatan di Arafat telah dilengkapi dengan klinik umum yang dikelola oleh dokter keluarga dan konsultan internal, selain staf perawatan khusus.

Mereka juga dipersiapkan untuk menangani kasus sengatan matahari dan stres akibat cuaca panas, di samping keahlian resusitasi kardio-paru dan unit perawatan intensif.

Baca juga: Di tengah pandemi, botol air Zamzam didistribusikan ke peziarah

Rumah sakit keliling juga dipersiapkan di Gunung Arafah sementara itu sebuah klinik keliling dioperasikan di Muzdalifah untuk melayani para jamaah haji sampai keberangkatan mereka dari dua tempat suci itu, menurut Saudi Press Agency.

Kementerian Kesehatan juga telah menyiapkan kamp terpadu di Arafah untuk mengisolasi dugaan kasus virus corona dan menerapkan tindakan pencegahan.

Ibadah haji kali ini selenggarakan untuk jumlah jamaah yang terbatas mengingat risiko kesehatan pandemi virus corona yang telah menyebar ke seluruh dunia.

Baca juga: Jamaah haji di Mekkah diminta ikuti langkah pencegahan COVID-19

Baca juga: Ibadah haji saat COVID-19, Saudi inginkan peziarah selamat, sehat
Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2020