Siloam Hospitals Ambon merupakan RS keempat di jaringan Siloam yang dibuka khusus untuk pasien COVID-19
Ambon (ANTARA) - Grup Rumah Sakit Siloam membuka rumah sakit khusus perawatan pasien COVID-19 yaitu Siloam Hospitals Ambon yang merupakan rumah sakit keempat yang dibuka khusus untuk perawatan pasien COVID-19.

"Bentuk dukungan ke pemerintah daerah dalam penanganan pandemi COVID-19 dibuka Siloam Hospitals Ambon yang merupakan rumah sakit keempat di jaringan Siloam yang dibuka khusus untuk perawatan pasien COVID-19," kata Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady di Ambon, Rabu.

Baca juga: Siloam-Link Net sumbang 1.000 alat tes cepat

"RS Siloam Ambon akan melayani pasien khusus COVID-19, setelah sebelumnya membuka RS Siloam Mampang (Jakarta), Kelapa Dua (Tangerang), dan Paal Dua (Manado)," lanjut Caroline.

Ia menyatakan seluruh RS Siloam yang dikhususkan untuk perawatan COVID-19 merupakan rumah sakit dengan pasien jaminan pemerintah.

RS Siloam Ambon dilengkapi sejumlah fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung antara lain ruang ICU, ruang isolasi, CT Scan, kamar operasi, laboratorium dan farmasi.

Baca juga: Dua rumah sakit swasta di Surabaya siapkan ruang isolasi baru

Dengan seluruh kelengkapan tersebut, rumah sakit ini menyediakan kapasitas 105 tempat tidur bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Tahap awal akan disiapkan 16 tempat tidur dan ditindaklanjuti dengan penyediaan 65 tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19, " ujarnya.

RS Siloam Hospitals Ambon nantinya hanya memberikan perawatan dan pengobatan bagi pasien terkonfirmasi COVID-19, tapi juga layanan skrining, pengkajian, hingga diagnostik melalui sejumlah pelayanan tes COVID-19 yang disediakan bagi masyarakat.

Baca juga: Pengadaan ventilator diperbanyak untuk atasi COVID-19

Sementara itu Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan peresmian RS Siloam merupakan investasi di sektor kesehatan yang sangat bernilai.

Tujuh program prioritas Pemkot Ambon di antaranya mewujudkan Ambon yang sehat, karena itu kehadiran RS Siloam sangat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Kehadiran Siloam yakinkan Indonesia dan dunia bahwa Ambon merupakan kota yang maju, hal ini tentu memberikan dampak positif bagi Kota Ambon," katanya.

Baca juga: Siloam Hospitals Group gelar "drive thru" rapid tes COVID-19

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020