Kapolda menilai pedagang sudah cukup baik menjalankan protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana meninjau penerapan protokol kesehatan  di Pasar Metro Atom Pasar Baru, Jakarta Pusat untuk mengetahui apakah sudah mematuhi  Pergub DKI Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa transisi .

"Kedatangan kita kemari untuk mengecek bagaimana penerapan protokol kesehatan mengingat klaster-klaster COVID-19 banyak berkembang dari pasar," kata Nana saat ditemui di Pasar Metro Atom Pasar Baru, Senin.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Nana berinteraksi dengan pedagang di pasar tradisional yang terletak di lantai paling bawah di Gedung Metro Atom Pasar Baru.

Baca juga: Pemkot Jakpus nilai warga sudah taati aturan kantong ramah lingkungan

Pedagang ikan bernama Dadang (40) bercerita kepada Nana bahwa akibat pandemi COVID-19 aktivitas jual-beli di Pasar Metro Atom Pasar Baru cenderung turun bahkan sepi.
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana berinteraksi dengan pedagang sembari meninjau penerapan protokol kesehatan di Pasar Metro Atom Pasar Baru, Senin (27/7/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

"Sepi memang, tapi yang beli mah untung ada aja. Cuma memang tidak begitu ramai pak," kata Dadang bercerita pada Nana.

Mendengarkan hal itu, Nana memberikan semangat kepada Dadang dan tetap mengingatkannya untuk tetap menjalankan protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker, rajin mencuci tangan, hingga menggunakan pelindung wajah  (faceshield).

Baca juga: Penjahit Metro Atom berharap pasar tetap buka selama PSBB

"Baik pak. Tapi kita minta agar masker harus di pakai terus ya, protokol kesehatan ditaati terus. Semoga kondisi ini segera pulih," kata Nana.

Nana mengatakan berdasarkan pengamatannya di pasar yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Sawah Besar itu.  para pedagang sudah cukup baik menjalankan protokol kesehatan.

Selain itu, para petugas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berjaga untuk menegakkan protokol kesehatan sudah menjalankan tugas dengan cukup baik, kata Nana.

Baca juga: Penjahit Metro Atom Pasar Baru mulai buka kios

"Kami lihat untuk Metro Atom Pasar Baru, penerapan penempatan alat protokol kesehatan sudah cukup baik, tadi sudah ada untuk pengecekan suhu tubuh, lalu kanalisasi jalur bagi para penjual dan pengunjung ini sudah diterapkan dengan baik,"ujar Nana.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020