Satu suara akan sangat berpengaruh terhadap nasib masa depan daerah ini, jangan sampai suara kita tergadaikan oleh nominal rupiah
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, meluncurkan maskot pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi 2020 yang diberi nama Tera yang merupakan akronim dari "Tentukan Suara".

"Maskot ini berbentuk penyu yang merupakan salah satu hewan langkah dan memiliki habitat di pesisir Pantai Pangumbangan, Kecamatan Ciracap. Penyu ini juga merupakan ikon Kabupaten Sukabumi," kata Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman di Sukabumi, Sabtu.

Selain maskot, pihaknya juga meluncurkan jingle Pilkada Kabupaten Sukabumi kepada masyarakat untuk menumbuhkan semangat, kebersamaan dan keceriaan menghadapi pesta demokrasi setiap lima tahun sekali ini.

Baca juga: Ketua KPU RI dampingi PPDP coklit ke rumah Gus Ipul dan Dahlan Iskan
Baca juga: KPU Riau: Sejumlah warga menolak petugas coklit


Adapun waktu pemungutan suara di Pilkada Kabupaten Sukabumi juga digelar bersamaan dengan daerah lain pada 9 Desember 2020. Diharapkan, pelaksanaannya bisa meningkatkan angka partisipasi masyarakat meskipun saat ini sedang masa pandemi COVID-19.

Kemudian bisa berjalan dengan sukses, lancar, aman serta memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan di tengah warga meskipun berbeda pilihan, pihaknya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sukabumi yang sudah mempunyai hak pilih untuk menyalurkan suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih calon pemimpinnya.

"Satu suara akan sangat berpengaruh terhadap nasib masa depan daerah ini, jangan sampai suara kita tergadaikan oleh nominal rupiah. Pilihlah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi yang benar-benar layak memimpin kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini," tambahnya.

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi Merry Sariningsih mengatakan adalah tagline Pilkada Kabupaten Sukabumi adalah "Sarasa Saraksa Sariksa" yang mengandung arti dalam menjaga tegaknya pilar demokrasi melalui Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2020 semua komponen masyarakat baik itu penyelenggara, peserta dan pemilih harus mempunyai kesatuan tekad menjaga persaudaraan, saling menjaga keutuhan dan saling menasehati demi suksesnya Pilkada ini. 

Baca juga: NasDem calonkan Presiden Persebaya dampingi MA di Pilkada Surabaya
Baca juga: PKS-Hanura usung Isdianto-Suryani pada Pilkada Kepri 2020

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020