Semen Padang segera produksi bata yang diklaim hemat 20 persen

Semen Padang segera produksi bata yang diklaim hemat 20 persen

Miniatur bangunan yang dibangun dari interlock brick produksi PT Semen Padang. (Antara/Humas)

Padang, (ANTARA) - PT Semen Padang segera memproduksi interlock brick atau bata untuk dinding rumah yang merupakan produk turunan yang diklaim lebih hemat 20 persen ketimbang bata biasa.

“Pengerjaan dinding rumah dengan menggunakan interlock brick hemat hingga 20 persen, karena proses pengerjaannya murah, cepat dan tidak butuh keahlian khusus,” kata Senior Manager Bisnis Inkubasi Non Semen PT Semen Padang Dorce Yunirsyam di Padang, Sumatera Barat, Jumat.

Menurut dia cara pasang produk ini sama seperti mainan lego dan tidak harus dikerjakan oleh tukang dengan keahlian khusus .

"Kita sendiri bisa memasangnya, di samping itu juga ada keunggulan interlock brick ini dibandingkan bata, yaitu tidak perlu diplester. Hanya diaci dan dicat, sehingga hemat dan ekonomis," katanya.

Baca juga: UMKM binaan Semen Indonesia gencar berinovasi hadapi dampak pandemi

Kemudian keunggulan lainnya, yaitu ramah gempa, karena interlock brick saling mengikat, sehingga tetap kokoh selama terjadi gempa. Selain itu, interlock brick juga ramah lingkungan, permukaan yang halus dan presisi, sehingga mempunyai nilai estetika yang alami.

Saat ini, kata Dorce, Bisnis Inkubasi Non Semen masih dalam tahap proses pembuatan mesin untuk memproduksi interlock brick secara massal. Jika mesinnya sudah selesai, awal tahun depan pihaknya sudah bisa memproduksi secara massal.

Ia meyakini produk hilir ini akan diterima pasar dan saat ini interlock brick telah diproduksi untuk membangun rumah contoh yang dirikan di dekat Grand House PT Semen Padang. Dalam waktu dekat juga akan promosikan produk ini ke Real Estate Indonesia (REI) Sumbar.

Baca juga: Rudiantara diangkat jadi komisaris utama Semen Indonesia

Interlock brick yang akan diproduksi massal terdiri atas empat tipe. Tipe I merupakan interlock brick untuk dinding biasa, tipe II untuk sudut dan ujung, tipe III untuk tulangan dan tipe IV interlock brick berukuran setengah.

"Interlock brick ini juga dapat digunakan untuk membuat pagar," katanya.

Sementara itu VP of Non Cement Incubation Business Pri Gustari Akbar mengatakan interlock brick merupakan salah satu produk turunan PT Semen Padang selain porous concrete.

Baca juga: Semen Padang siapkan diri hadapi normal baru, ini langkahnya

Interlock brick didesain khusus untuk rumah permanen bagi keluarga kecil dan besar yang tentunya membuat penghuninya aman dan nyaman.

"Interlock brick ini juga membuat ruangan menjadi sejuk dan dingin. Selain untuk rumah, interlock brick juga dapat digunakan untuk membangun sarana fasilitas umum. Kekuatan tekan dari interlock brick juga sama dengan bata," kata dia.

 
Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020