Menteri PPPA ajak anak Indonesia jadi pelopor COVID-19

Menteri PPPA ajak anak Indonesia jadi pelopor COVID-19

Seorang warga memasangkan masker kepada anak-anaknya di tempat pengungsian korban banjir di gedung Bele Li Mbui, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (12/6/2020). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Gusti Ayu Bintang Darmawati mengajak seluruh anak Indonesia untuk bisa menjadi pelopor dan pahlawan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Anak-anak Indonesia harus jadi pelopor dan mengajak teman-temannya untuk menjadi pahlawan COVID-19," katanya saat konferensi video terkait Peringatan Hari Anak Nasional 2020 dengan tema "Anak Indonesia Terlindungi, Indonesia Maju" yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menteri PPPA: Anak Indonesia harus perjuangkan empat hak dasarnya

Menteri Gusti Ayu Bintang mengatakan jika setiap anak sudah bisa menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,  sudah menjadi pahlawan COVID-19.

Ia menyakini dengan menjadi pelopor dan pahlawan COVID-19, bangsa Indonesia akan bisa melewati masa-masa sulit di tengah pandemi tersebut.

Sesuai arahan dan pesan Presiden, setiap orang tidak terkecuali anak-anak harus bisa menyesuaikan diri dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga: Menteri PPPA: Pandemi tidak batasi semangat anak Indonesia

Baca juga: Anak Indonesia ceritakan kegiatan positif selama pandemi


Pada saat yang bersamaan penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan guna mengurangi risiko tertular virus corona jenis baru atau penyebab COVID-19. "Rajin cuci tangan, pakai masker, hindari kerumunan dan jaga jarak," katanya.

Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan lembaga tersebut memiliki tugas dalam menjaga dan melindungi setiap warga negara termasuk anak-anak.

Ia mengatakan peliburan sekolah selama pandemi merupakan salah satu upaya yang dilakukan negara dalam melindungi anak-anak dari bahaya ancaman virus tersebut.

Selain itu, juga termasuk menyosialisasikan dan mengajak anak-anak untuk terus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020