Ya, kami dapat mengonfirmasi bahwa beliau telah mengambil formulir pencalonan untuk posisi yang mewakili partai kami,
Kampala (ANTARA) - Presiden Uganda Yoweri Museveni telah mengumpulkan formulir untuk dapat kembali mencalonkan diri dalam pemilihan presiden tahun depan, menurut keterangan partai Gerakan Perlawanan Nasional (NRM) pada Selasa.

"Ya, kami dapat mengonfirmasi bahwa beliau telah mengambil formulir pencalonan untuk posisi yang mewakili partai kami," kata juru bicara NRM, Rogers Mulindwa. Ia menambahkan bahwa sejauh ini belum ada tokoh lain yang muncul dari dalam partai untuk bersaing dengan Museveni.

Jika mencalonkan diri lagi dan berhasil memenangi pilpres, Museveni, yang kini berusia 75 tahun, akan memperpanjang masa ia berkuasa menjadi empat dekade.

Meskipun belum ada tanggal pasti untuk pemilihan presiden tahun 2021, pemungutan suara biasanya digelar pada Februari.

Kandidat dari pihak oposisi yang akan melawan Museveni adalah seorang bintang pop sekaligus legislator, Bobi Wine (38), yang karya musiknya lekat dengan kaum muda.

Sejumlah kritikus menyebut bahwa Museveni menggunakan langkah penanganan wabah COVID-19, misalnya larangan pertemuan publik, untuk mengambil manfaat serta menghalangi persiapan pihak lawan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Uganda tawarkan suaka buat Presiden Sudan Omar Al-Bashir

Baca juga: Dikritik Barat, Presiden Uganda tandatangani RUU Anti-homoseks


 

Arah diplomasi ekonomi Indonesia ke benua Afrika

Penerjemah: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020